Pemprov DKI: Kegiatan di Rumah Ibadah Harus Ikuti Protokol Kesehatan

Pemprov DKI: Kegiatan di Rumah Ibadah Harus Ikuti Protokol Kesehatan
Suasana lengang di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat saat libur hari raya Idulfitri Minggu (24/5/2020). (Foto: Beritasatu Photo / Carlos Roy Fajarta Barus)
Yustinus Paat / CAH Jumat, 29 Mei 2020 | 22:23 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal membuka kembali rumah ibadah untuk berbagai aktivitas keagamaan setelah Jakarta diputuskan menerapkan kebijakan new normal atau normal baru. Namun, Pemprov tetap mengingatkan, agar rumah ibadah tetap mengikuti protokol kesehatan jika sudah dibuka kembali.

"Satu hal yang pasti bahwa seluruh kegiatan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya harus tetap mengikuti dan menggunakan protokol kesehatan yang berlaku," ujar Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Hendra Hidayat saat dihubungi wartawan, Jumat (29/5/2020).

Protokol kesehatan yang dimaksud Hendra antara lain, para jemaah agar tetap menggunakan masker, tetap menjaga jarak, menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar rumah ibadah, menghindari kontak fisik (bersalaman) serta semua ketentuan yang berlaku lainnya. Hal dilakukan agar mencegah rumah ibadah jadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Baca JugaJK: Saatnya Umat Kembali ke Masjid

"Kami tentunya tidak ingin rumah ibadah menjadi cluster baru penyebaran Covid-19 ini," tandas dia.

Hendra mengaku pihaknya sudah berkoordinasi para pemimpin atau petinggi dari seluruh agama di wilayah Jakarta (MUI, DMI, PGIW, PGPI, Keuskupan Agung Jakarta, PHDI, Walubi dan Matakin) serta seluruh stakeholder terkait lainnya, untuk persiapan menjelang dibukanya kembali seluruh rumah ibadah.

"Kami sudah menyampaikan kepada seluruh Majelis Tinggi Agama bahwa pada saat nanti mulai dibukanya kembali rumah ibadah untuk kegiatan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya, agar dipastikan sudah dalam kondisi yang bersih, aman dan nyaman untuk digunakan oleh seluruh umat," tandas dia.

Baca JugaNew Normal, Menteri Agama: Rumah Ibadah Dibuka Bertahap

Terkait kepastian waktu dibukanya kembali rumah ibadah di Jakarta, kata Hendra, pihaknya menunggu arahan dan petunjuk Gubernur DKI Anies Baswedan.

"Mengenai waktunya, kami tetap menunggu petunjuk Pak Gubernur untuk hal tersebut. Kita saling berdoa ya supaya semua ini bisa kembali baik dan pulih seperti sediakala sehingga seluruh umat bisa kembali beribadah dengan baik dan khusyuk serta keamanan dan kesehatan mereka juga tetap terjaga," pungkas Hendra. 

 



Sumber: BeritaSatu.com