Pemkot Bogor Tak Mau Terburu-buru Terapkan Belajar Tatap Muka

Pemkot Bogor Tak Mau Terburu-buru Terapkan Belajar Tatap Muka
Wali Kota Bogor Bima Arya. (Foto: Istimewa)
Vento Saudale / BW Selasa, 2 Juni 2020 | 13:01 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor masih merancang skenario kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk tahun ajaran baru 2020-2021. Pemkot tidak mau terburu-buru memberlakukan KBM secara tatap muka dalam waktu dekat.

Berdasarkan hasil pertemuan antar-stakeholder pendidikan di Kota Bogor, Wali Kota Bogor Bima Arya menegaskan, Pemkot Bogor enggan terburu-buru menentukan tanggal digelarnya kembali KBM dengan cara tatap muka.

“Tugas kita sekarang adalah memastikan ada sistem protokol yang kuat. Terutama untuk jenjang SD dan SMP. Selama protokol ini belum sempurna, tidak usah terburu-buru untuk memaksakan pada tanggal tertentu. Jadi tugas kita sekarang terus menyempurnakan sistem protokol baru ini. Ini tidak mudah karena kondisi dan latar belakang tiap sekolah berbeda-beda,” kata Bima, Selasa (2/6/2020).

Rencananya, untuk sistem pembelajaran pada tahun ajaran baru nanti, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor akan memulai dengan cara daring via aplikasi.

Kepala Disdik Kota Bogor, Fachrudin, mengungkapkan, pihaknya sampai saat ini terus mengevaluasi sistem pembelajaran dari rumah yang sudah berjalan sejak pertengahan Maret lalu.

"Pembelajaran di rumah akan terus diperbaiki. Kompetensi guru akan terus ditingkatkan. Kami akan mulai workshop pembelajaran jarak jauh melalui zoom untuk para guru-guru pekan ini," ungkap Fachrudin.

Skenario ini, sambung Fachrudin, merupakan salah satu dampak dari ketidakjelasan kapan pandemi Covid-'19 akan berakhir di Kota Bogor.

Ia enggan mempertaruhkan keselamatan anak-anak demi menggelar KBM dengan cara tatap muka.

"Satu-satunya yang pasti adalah meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh baik secara daring, video, televisi, WA, lembar kerja siswa, modul, atau memanfaatkan berbagai sumber belajar yang sudah disediakan oleh kementerian," jelasnya.



Sumber: BeritaSatu.com