Pemkot Bogor Putuskan Perpanjangan PSBB, Kamis Besok

Pemkot Bogor Putuskan Perpanjangan PSBB, Kamis Besok
Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mulai melonggarkan kebijakan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).
Vento Saudale / YUD Rabu, 3 Juni 2020 | 18:02 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor masih gamang terkait akan memberlakukan fase kenormalan baru (new normal) atau perpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pemkot baru akan memutuskan besok bertepatan dengan berakhirnya masa transisi, Kamis 4 Juni 2020.

Baca juga: PSBB DKI Diperpanjang hingga 18 Juni 2020

Hal itu dikatakan Wali Kota Bima Arya usai menghadiri Rapat Paripurna bersama DPRD dalam rangka peringatan 538 Hari Jadi Bogor. Bima menilai, segala sesuatu akan diputuskan besok setelah terlebih dahulu berkonsultasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Hari ini kita akan evaluasi dan kita akan konsultasi dengan gubernur. Besok kita umumkan,” kata Bima, Rabu (3/6/2020).

Kata dia berdasarkan data sebaran Covid-19 di Kota Bogor telah melandai namun keputusan untuk PSBB atau new normal akan diambil berdasarkan hasil koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Melanggar PSBB, Puluhan Toko dan Kios di Pasar Gembrong Ditutup

"Datanya memang landai penambahan selama tujuh hari cuma dua orang, satu dari klaster kasus impor jamaah tablig di Filipina satu lagi klaster, jadi kita lihat sebetulnya infeksi di kota lumayan terkendali tapi apakah ada aturan baru masih kita koordinasikan dengan provinsi, arahan provinsi gimana," katanya.

Keputusan keberlanjutan PSBB sambung Bima juga akan memperhatikan daerah-daerah di sekitar Kota Bogor yang masih menunjukan tren penambahan kasus seperti Kabupaten Bogor dan Jakarta.

"Jakarta dan kabupaten jadi perhatian kami karena masih tinggi. Selain itu kita juga antisipasi gelombang kedua, sudah dari lebaran kita antisipasi dengan cara kita buat rw siaga dan lain-lain, sekarang ke depan strateginya lebih ke wilayah, ada 753 RW, jadi penguatannya nanti disana, skala mikro jadi betul-betul fokusnya ke wilayah tidak lagi skala kota," kata Bima.

Baca juga: Ganjil Genap Kembali Diberlakukan Setelah PSBB Berakhir

Sebelumnya, Kota Bogor masuk dalam 12 wilayah di Jawa Barat yang masuk zona kuning atau masih diperlukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Saat ini kondisi Kota Bogor masih ada di zona kuning, artinya rekomendasi Pemerintah Propinsi Jawa Barat masih menyarankan perpanjangan PSBB,” papar Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor Dedie A Rachim.

Rencananya, Pemkot Bogor akan melakukan new normal sesuai instruksi Gubernur Jabar dan mulai diberlakukannya pada 4 Juni mendatang. Bahkan, pemkot sudah bersiap menerapkan new normal yaitu menjalankan skenario mengubah perilaku masyarakat untuk tetap beraktivitas normal, tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Namun, dalam dua hari terakhir jumlah kasus positif di Kota Bogor bertambah dua orang. Artinya, kini total kasus di Kota Bogor menyentuh angka 114 orang, meskipun jumlah kesembuhan juga bertambah.



Sumber: BeritaSatu.com