Berita PSBB Jakarta Diperpanjang Hingga 18 Juni Dipastikan Hoaks

Berita PSBB Jakarta Diperpanjang Hingga 18 Juni Dipastikan Hoaks
Seorang warga yang terjaring razia penindakan pelanggaran aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Satpol PP bersiap menjalani hukuman dengan cara membersihkan sampah di Tanah Abang, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Pemprov DKI Jakarta mulai memberlakukan sanksi sosial terhadap pelanggar PSBB yaitu dengan memakaikan rompi bertuliskan pelanggar PSBB saat mereka membersihkan fasilitas umum. (Foto: ANTARA FOTO / Akbar Nugroho Gumay)
Yustinus Paat / CAH Rabu, 3 Juni 2020 | 20:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan bahwa url/link pemberitaan yang beredar di media sosial tentang Gubernur Anies Baswedan kembali memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama 14 hari ke depan, tidak benar dan hoax. Hingga saat ini, Pemprov DKI Jakarta belum menetapkan dan mengumumkan kebijakan terbaru terkait Perpanjangan PSBB di Provinsi DKI Jakarta.

“Link Pemberitaan mengenai Gubernur Anies Baswedan kembali Perpanjang PSBB hingga 18 Juni, melalui media sosial adalah tidak benar. Hingga saat ini Pemprov DKI Jakarta belum menetapkan dan mengumumkan kebijakan terbaru terkait Perpanjangan PSBB di Provinsi DKI Jakarta. Pengumuman terkait hal tersebut akan disampaikan secara resmi melalui konferensi pers Gubernur Provinsi DKI Jakarta,” tulis Pemprov DKI Jakarta dalam situs resminya, jalahoaks, pada Rabu (3/6/2020).

Dalam berita yang beredar, disebutkan perpanjangan PSBB ini dilakukan mulai tanggal 5 Juni hingga 18 Juni 2020 dan perpanjangani ini ditetapkan dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 412 Tahun 2020.

Melalui situs jalahoaks, Pemprov DKI mengklarifikasi bahwa, regulasi Keputusan Gubernur DKI Nomor 412 Tahun 2020 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pelaksanaan PSBB dalam penanganan Corona Virus disease 2019 (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta adalah kebijakan yang telah ditetapkan sejak tanggal 22 April 2020 untuk pemberlakuan PSBB Tahap Kedua. PSBB tahap II berlaku selama 14 hari terhitung sejak tanggal 24 April 2020 sampai dengan tanggal 7 Mei 2020.

“Dapat dijelaskan pula bahwa setelah Kepgub 412 Tahun 2020, Pemprov DKI Jakarta juga telah menetapkan PSBB Tahap Ketiga dalam Kepgub Nomor 498 Tahun 2020 tanggal 19 Mei 2020 yang menetapkan perpanjangan PSBB hingga tanggal 4 Juni 2020. Selanjutnya, hingga saat ini Pemprov DKI Jakarta belum menetapkan dan mengumumkan kebijakan terbaru terkait Perpanjangan PSBB di Provinsi DKI Jakarta,” kata Pemprov DKI.

Sebelumnya, di kalangan wartawan sempat beredar draf keputusan Gubernur DKI Jakarta tentang perpanjangan PSBB hingga 18 Juni 2020. Namun, draf tersebut belum mempunyai nomor dan belum ditandatangani Gubernur DKI Anies Baswedan. Berdasarkan informasi dari Humas Pemprov DKI dan undangannya sudah disebarkan ke wartawan, bahwa hari ini, Rabu (3/6/2020), Pukul 17.00 WIB, Anies Baswedan akan menggelarkan konferensi pers tentang status PSBB Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta.

Namun, tak lama setelah undangan konferensi pers Anies beredar, pihak Humas Pemprov kembali mengirimkan undangan penundaan konpres Anies tentang status PSBB DKI Jakarta hingga Kamis (4/6/2020). 



Sumber: BeritaSatu.com