Hari Pertama Kerja di Kantor, Dishub Depok Langsung Apel

Hari Pertama Kerja di Kantor, Dishub Depok Langsung Apel
Suasana apel pagi di Kantor Dinas Perhubungan di Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (8/6/2020). (Foto: Beritasatu Photo / Bhakti Hariani)
Bhakti Hariani / JAS Senin, 8 Juni 2020 | 21:09 WIB

Depok, Beritasatu.com - Hari pertama bekerja di kantor/work from office (WFO), para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Depok di Dinas Perhubungan. Dinas tersebut juga menggelar apel pagi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana menggelar apel pagi di halaman kantor dinas di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (8/6/2020). Apel diikuti oleh para kepala bidang, kepala seksi, kepala UPT, dan juga ASN Dinas Perhubungan yang semuanya tertib mengenakan masker

Melihat ramainya pegawai yang sudah kembali bekerja di mana terjadi kepadatan di sejumlah stasiun KRL, Pemkot Depok mengatakan akan mengusulkan kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan
pengaturan jam kerja pegawai baik pegawai pemerintah maupun swasta, melalui pembagian sif dalam bekerja.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi penumpukan penumpang pada jam-jam sibuk.

"Perlu diberikan fasilitas layanan antar-jemput pegawai dari kantor/perusahaan tempat kerjanya, agar tidak terkonsentrasi seluruhnya dengan menggunakan commuter line," ujar Idris.

Sementara itu, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok mengatur secara teknis pelaksanaan sistem kerja bagi ASN di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional. Terlebih, hari ini sebagian besar pegawai Pemkot Depok telah diperbolehkan kembali bekerja di kantor atau work from office (WFO).

Kepala BKPSDM Kota Depok Supian Suri mengatakan, peraturan tersebut, sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Wali Kota Depok Nomor 800/6248/BKPSDM. Yaitu tentang Sistem Kerja ASN dalam Tatanan Normal Baru.

"Bagi ASN yang berstatus WFO, tetap menaati protokol kesehatan dengan menjaga jarak, mengenakan masker, dan lebih memperhatikan lagi kebersihan tangan," ungkap Supian.

Dalam surat bernomor 800/6305/PPSDM tersebut, dijelaskan jam kerja pada Senin hingga Kamis dimulai pukul 07.30-16.00 WIB. Adapun setiap Jumat, jam masuknya sama pukul 07.30 WIB, namun jam pulang menjadi 16.30 WIB.

"ASN yang melakukan WFO, maksimal berjumlah 50 persen, dari total seluruh pegawai Pemkot Depok. Secara teknis hal ini diatur oleh setiap kepala Perangkat Daerah (PD) di masing-masing unit kerja," kata Supian.

Dikatakannya, setiap ASN, baik yang WFO atau bekerja di rumah wajib melaporkan kehadirannya melalui aplikasi yang ada. Termasuk, membuat laporan kinerja harian yang diketahui dan disetujui atasan langsungnya.

"Selama melaksanakan WFO, ASN wajib menggunakan pakaian dinas yang ditetapkan pada hari tersebut. Ketentuan tersebut berlaku hari ini dan akan dilakukan evaluasi sesuai dengan kebutuhan," pungkas Supian. 



Sumber: BeritaSatu.com