5 ASN Kota Bogor Positif Covid-19

5 ASN Kota Bogor Positif Covid-19
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim saat memimpin rapat terbata lintas instasi Pemerintahan Kota Bogor di Crisis Center Covid-19 Kota Bogor, Minggu (12/4/2020). (Foto: Berita Satu / Vento Saudale)
Vento Saudale / BW Selasa, 16 Juni 2020 | 15:31 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Satu aparatur sipil negara (ASN) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bogor dilaporkan terinfeksi positif Covid-19. Dengan demikian, jumlah ASN Kota Bogor yang positif Covid-19 berjumlah lima orang.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor Dedie A Rachim menuturkan, satu ASN pegawai BKPSDM Kota Bogor yang terpapar tersebut berada satu klaster dengan empat ASN yang lebih dulu dinyatakan positif.

Lebih lanjut Dedie menerangkan, berdasarkan hasil tracing sementara, lahirnya klaster BKPSDM merupakan turunan dari klaster sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) yang melibatkan almarhum Budi, salah satu kepala bidang di Dinas Kesehatan Kota Bogor.

"Betul satu ASN hasil tesnya positif. Satu ASN di BKPSDM itu sempat kontak dengan staf setwan yang positif karena mengikuti kegiatan PBJ. Jadi ini adalah turunan dari klaster PBJ," jelasnya.

Jika ditotal, sejak pertama kali mencuat, klaster BKPSDM Kota Bogor hingga saat ini sudah lima orang PNS terkonfirmasi positif corona.

Sekadar diketahui, klaster sertifikasi PBJ berawal ketika Pemerintah Kota Bogor menggelar sertifikasi PBJ untuk 33 PNS eselon III dan IV di Hotel Salak Padjajaran pada Kamis (11/3).

Dalam kegiatan tersebut ternyata salah satu peserta sudah terpapar virus Covid-19 dan menyebarkan ke yang lainnya.

Sementara itu, hasil swab tes PCR Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat bersama sekitar 30 orang ASN Kota Bogor menunjukkan hasil negatif.

Dedie yang juga menjabat wakil wali kota menjelaskan, sebagian hasil swab tes para ASN Kota Bogor sudah keluar, termasuk hasil tes Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat.

"Sebagian sudah keluar. Alhamdulillah pak Sekda negatif," kata dia.



Sumber: BeritaSatu.com