Hari Ini, Polda Metro Gelar Rapid Test Gratis di CFD

Hari Ini, Polda Metro Gelar Rapid Test Gratis di CFD
Kegiatan rapid test yang digelar Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya, di area CFD, GBK, Jakarta Pusat, Minggu 21 Juni 2020. (Foto: Humas Polda Metro)
Bayu Marhaenjati / EAS Minggu, 21 Juni 2020 | 15:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya menggelar bakti sosial dalam bidang kesehatan berupa kegiatan rapid test walk thru, di area hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD), di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (21/6/2020).

Kegiatan rapid test yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-74 Bhayangkara itu, bekerja sama dengan Pusat Kedokteran dan Kesehatan Mabes Polri, Rumah Sakit Bhayangkara Polri Tingkat I Raden Said Sukanto, Kesehatan Kodam Jaya, Korlantas Polri, Ditlantas Polda Metro Jaya, dan Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta. Targetnya, melaksanakan rapid test bagi 1.000 orang.

Kapusdokkes Polri Brigjen Pol. dr. Rusdianto, ketika membuka kegiatan rapid test mengatakan, masyarakat bisa mendaftar untuk mengikuti rapid test secara gratis hanya dengan menunjukkan identitas berupa KTP.

"Hasilnya dalam waktu 10 menit dapat diketahui. Surat keterangan hasil rapid test ini juga dapat digunakan sebagai syarat perjalanan ke luar kota yang berlaku selama 3 hari," ujar Rusdianto.

Sementara itu, Kabiddokkes Polda Metro Jaya Kombes Pol dr Umar Shahab menyampaikan, kegiatan bakti sosial bertujuan membantu masyarakat dalam rangka mengantisipasi wabah Covid-19.

"Bila hasilnya reaktif, hasilnya positif akan dilakukan isolasi mandiri dan diberikan edukasi," katanya.

Kegiatan rapid test melibatkan 88 personel dan tim medis, terdiri dari 32 orang dari Biddokkes Polda Metro Jaya, Pusdokkes Polri sebanyak 30 orang, RS Polri Kramatjati sebanyak 15 orang, Kesehatan Kodam Jaya lima orang dan Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta enam orang.

Para personel serta tim medis memberikan pelayanan mulai dari imbauan dan ajakan untuk mengikuti test, mengarahkan mencuci tangan dengan sabun, antre untuk mendaftar dengan protokol kesehatan, hingga proses pengambilan sampel tes darah, serta pemberian surat keterangan hasil rapid test.



Sumber: BeritaSatu.com