DKP Kota Tangerang Inspeksi Mendadak Hewan Kurban

DKP Kota Tangerang Inspeksi Mendadak Hewan Kurban
Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang melakukan pengawasan pada peternakan dan tempat pemotongan hewan di Kota Tangerang, Senin (22/6/2020). (Foto: Chairul Fikri)
Chairul Fikri / HS Selasa, 23 Juni 2020 | 10:46 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Jelang Hari Raya Idul Adha 1431 H pada 31 Juli 2020 mendatang, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang melakukan monitoring kesehatan hewan-hewan di beberapa peternakan dan tempat pemotongan hewan.

Kabid Pertanian, DKP Kota Tangerang, Ibnu Ariefyanto bersama jajarannya melakukan sidak di kawasan Neglasari, Tangerang, Senin (22/6). Pihak DKP juga menurunkan puluhan dokter hewan dan petugas lapangan untuk mengecek kesehatan dan kelayakan hewan.

"DKP Kota Tangerang kini gencar melakukan monitoring ke beberapa peternakan di Kota Tangerang jelang Hari Raya Idul Adha. Kami menurunkan puluhan dokter hewan dan petugas lapangan untuk mengecek kesehatan dan kelayakan hewan," ungkap Ibnu.

Dia menjelaskan, tak hanya melakukan pengecekan kesehatan dan kelayakan hewan kurban, DKP juga memberikan vitamin dan penyuntikan vaksin kepada hewan-hewan yang dijual untuk dijadikan hewan kurban.

"Kita berharap nanti hewan yang disembelih akan terjaga kualitasnya dan bebas virus," tambahnya.

Disebutkan, pengawasan tidak hanya di kandang peternak, tetapi juga pada lapak penjual yang akan diberikan logo aman oleh DKP. Hal itu sebagai tanda bahwa peternakan dan kandang tersebut aman dan sudah di bawah pengawasan DKP.
“Kita juga minta para pengelola atau pemilik peternakan untuk terus berkoordinasi dengan DKP agar hewan yang dijual di Kota Tangerang sehat dan layak konsumsi," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com