Pemprov DKI Kerahkan 1.526 Petugas Gabungan Awasi CFD di 32 Kawasan

Pemprov DKI Kerahkan 1.526 Petugas Gabungan Awasi CFD di 32 Kawasan
Ilustrasi car free day Jakarta (Foto: Istimewa)
Yustinus Paat / JAS Kamis, 25 Juni 2020 | 23:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan Pemprov DKI bersama TNI-Polri akan mengerahkan sebanyak 1.526 petugas gabungan untuk mengawasi dan menindak penyelenggaraan olahraga di 32 kawasan pengganti Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Sudirman-Thamrin pada Minggu mendatang.

"Total untuk anggota yang kami siapkan untuk mengawasi CFD ada 1.526 orang di 32 lokasi titik, terdiri dari Dishub 639 orang, Satpol PP 755, kemudian TNI-Polri 132," kata Syafrin di Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Para petugas ini, kata dia, akan memastikan warga yang berolahraga di 32 kawasan tersebut menerapkan protokol kesehatan. Jika tidak, maka pihaknya akan memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Sanksinya kan jika tidak taat dengan itu ada beberapa, pertama mereka dibubarkan, kemudian dilarang untuk berada di sana," tandas dia.

Syafrin berharap masyarakat juga mempunyai kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan saat CFD. Terutama, kata dia, tidak memanfaatkan tempat CFD untuk berkumpul atau nongkron.

"Pesan kita kepada warga yang beraktivitas di ruang jalan yang sekarang kami buka untuk ruang publik, olahraga, itu dioptimalkan fungsinya. Jangan dijadikan tempat untuk kongko-kongko, ketemu teman, kumpul, seolah-olah sekarang itu situasinya sudah biasa saja, padahal kita sekarang masih dalam masa transisi pelaksanaan PSBB," pungkas dia.

Jalan di 32 kawasan ini akan ditutup mulai Pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB untuk kegiatan olahraga warga baik yang pesepeda maupun pejalan kaki.



Sumber: BeritaSatu.com