Tes Swab di Terminal Baranangsiang Bogor, 7 Positif Covid-19

Tes Swab di Terminal Baranangsiang Bogor, 7 Positif Covid-19
Ilustrasi "swab test". (Foto: ANTARA FOTO / Anindira Kintara)
Vento Saudale / CAH Minggu, 12 Juli 2020 | 20:07 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Sebanyak tujuh orang dilaporkan positif terinfeksi Covid-19. Tujuh orang itu terdiri dari penumpang, pengelola bus, dan warga yang mengikuti swab tes di Terminal Baranangsiang, yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pada Jumat, 10 Juli 2020.

Kadinkes Kota Bogor Sri Nowo Retno dalam keterangannya menuturkan, tujuh orang itu terdekteksi dalam pengambilan 114 sampel di terminal Baranangsiang, Kota Bogor. Dari tujuh kasus baru itu, tiga orang orang merupakan warga Bogor dan selebihnya merupakan warga luar Bogor.

"Jadi 3 orang warga kota dan 4 lainnya warga Jakarta, ada dari Kabupaten Bogor dan lainnya," papar Retno mengkonfirmasi, Minggu (12/7/2020).

Lebih lanjut, kata Retno, dinkes terus melakukan tracing kepada tujuh orang tersebut dengan siapa-siapa yang pernah kontak erat. Sedangkan untuk warga yang di luar Bogor, dinkes akan melakukan assesment kepada gugus tugas setempat untuk dilakukan pemantauan.

"Kami masih lakukan tracing. Untuk sementara, para pasien positif baru diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri dengan pengawasan gugus tugas tentunya," kata Retno.

Retno pun memastikan, bila swab test masih akan masif dilakukan Pemkot Bogor di tempat-tempat publik area. Pemkot Bogor pun menarget 8.000 swab test selama dua bulan ini.

"Berikutnya akan dilakukan di lokasi pedestrian dan pusat perbelanjaan. Kami masih koordinasi dengan dinas perdagangan untuk pusat perbelanjaan," lanjut Retno.

Sementara dari data terkini Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor, Minggu 12 Juli 2020 terjadi penambahan empat kasus baru. Tiga berasal dari hasil swab tes Baranangsiang dan satu pasien lagi merupakan hasil tracing RSUD.

Dengan penambahan kasus baru itu, jumlah positif aktif di Kota Bogor sebanyak 47 kasus. Selain kasus positif baru, ada juga penambahan satu kasus pasien positif sembuh, dengan demikian jumlah pasien sembuh 147 orang dan kasus positif meninggal tetap 18 orang.

Untuk orang dalam pengawasan (PDP) data terkini, tercatat berkurag satu atau kini berjumlah 49 orang. Untuk orang dalam pemantauan (ODP) dilaporkan juga berkurang satu atau kini berjumlah 43 orang.

 



Sumber: BeritaSatu.com