Pemerintah Masih Bahas Salat Idul Adha dan Teknis Sembelih Kurban

Pemerintah Masih Bahas Salat Idul Adha dan Teknis Sembelih Kurban
Muhadjir Effendy. (Foto: Antara)
Lenny Tristia Tambun / CAR Senin, 13 Juli 2020 | 15:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Koordinador (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan hingga saat ini pemerintah masih membahas pelaksanaan salat Idul Adha dan teknis penyembelihan hewan kurban di tengah-tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, pihaknya akan melakukan rapat dengan jajaran Menko lainnya.

“Intinya kita akan memperkuat edaran Kemag (Kementerian Agama), akan perdetail, buat lebih pasti dengan edaran itu kira-kira seperti apa,” kata Muhadjir Effendy seusai Rapat Terbatas tentang Percepatan Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (13/7/2020).

Rapat dengan jajaran Menko tersebut, akan membahas mulai dari pelaksanaan salat baik di masjid atau di lapangan, pembatasan salat dan pengecekan suhu badan hingga penyembelihan hewan kurban.

“Misalnya kalau salat di lapangan, apakah semua dibebaskan, atau dibatasi. Kemudian utk memastikan mereka ini aman dari Covid-19, apakah dengan ratusan ribu orang datang, mungkin nggak mereka dites, dengan gunakan tes panas badan,” terang Muhadjir.

Pembahasan ini diperlukan, supaya perayaan Hari Idul Adha tidak berpotensi untuk meningkatkan jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia, yang saat ini masih terus meningkat.

“Ini akan dibicarakan lebih detail, untuk jangan sampai Idul Adha ini menambah kasus semakin tidak terkendali,” ungkap Muhadjir Effendy.



Sumber: BeritaSatu.com