Puluhan Kilogram Organ Hewan Kurban Tak Layak Konsumsi Ditemukan di Jakarta Utara

Puluhan Kilogram Organ Hewan Kurban Tak Layak Konsumsi Ditemukan di Jakarta Utara
Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara menemukan puluhan kilogram organ hewan kurban di wilayah itu, tidak layak konsumsi sehingga dilakukan pemusnahan. (Foto: ANTARA)
/ JAS Sabtu, 1 Agustus 2020 | 18:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Puluhan kilogram organ hewan kurban tak layak konsumsi ditemukan di Jakarta Utara.

Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara menemukan puluhan kilogram organ hewan kurban di wilayah itu, tidak layak konsumsi sehingga dimusnahkan.

"Kami temukan puluhan kilogram organ hewan kurban, ternyata tidak layak konsumsi dan langsung dimusnahkan," kata Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto di Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

Ia menjelaskan, puluhan kilogram organ tidak layak konsumsi itu berdasarkan hasil pantauan petugas hingga pukul 15.00 WIB, Sabtu terdiri hati sebanyak 35,75 kg, jantung sebanyak 12,5 kg, paru sebanyak 24,25 kg, dan limpa sebanyak 8,25 kg.

"Itu salah satu hasil pantauan di 155 lokasi pemotongan hewan kurban hingga pukul 15.00 WIB," katanya.

Ia menjelaskan, dalam pemantauan itu, pihaknya melibatkan 104 orang petugas pemeriksa terdiri dari 44 orang petugas sudin, 15 orang dokter hewan praktisi dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia cabang Jakarta, dua orang petugas Kementerian Pertanian dan 45 orang petugas dari dinas KPKP DKI Jakarta.

Ia juga menambahkan selama Iduladha, Sudin KPKP melakukan pelayanan kesehatan terhadap hewan kurban milik masyakarat melalui pemeriksaan kesehatan hewan dan daging kurban di tempat pemotongan, pengawasan kelayakan tempat pemotongan hewan kurban, pendataan lokasi, dan jumlah pemotongan hewan kurban.

Selanjutnya, pemeriksaan kesehatan hewan sebelum disembelih dan pemeriksaan kelayakan kesehatan daging setelah disembelih.

"Total 2.581 ekor hewan kurban yang dipotong usai pelaksanaan salat Iduladha pada Jumat (31/7)," katanya.

Hewan kurban itu terdiri dari 658 ekor sapi, 7 ekor kerbau, 1.789 ekor kambing, dan 127 ekor domba.

"Kegiatan pemeriksaan akan dilakukan sampai Senin (3/8)," ujar Unang.



Sumber: ANTARA