Arus Balik Iduladha, Truk Sumbu Tiga ke Atas Dilarang Lintasi Tol

Arus Balik Iduladha, Truk Sumbu Tiga ke Atas Dilarang Lintasi Tol
Truk barang. (Foto: Antara)
Jayanty Nada Shofa / JNS Sabtu, 1 Agustus 2020 | 22:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) akan menerapkan pembatasan bagi mobil barang bersumbu tiga atau lebih yang akan melintasi jalan tol mulai dari Jawa Timur dan Jawa Tengah ke arah Jawa Barat dan Jakarta.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas selama arus balik libur Iduladha. Pembatasan ini nantinya akan mulai diberlakukan sejak Minggu (2/8/2020) pukul 08.00 WIB hingga Senin (3/8/2020) pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Angkutan Barang Diminta Hindari Jalan Tol saat Arus Balik Iduladha

Untuk memastikan pembatasan berjalan lancar, Ditjen Hubdat menggelar rapat koordinasi secara daring bersama pihak terkait. Di antaranya adalah perwakilan Korlantas Polri, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jabar, Jateng, DI Yogyakarta dan Jatim. Turut hadir kepala dishub di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota setempat. 

Berdasarkan hasil rapat tersebut, Ditjen Hubdat memutuskan akan menyeleksi angkutan barang dari arah timur ke barat.

"Mulai dari Surakarta dan Gerbang Tol Krapyak, juga akan diperketat di Gerbang Tol Kanci untuk kemudian dialihkan ke jalan arteri Pantura,” kata Dirjen Hubdat Budi Setiyadi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/8/2020).

Pihaknya juga akan menambahkan jumlah petugas di lapangan, serta berkoordinasi dengan Kepolisian, BPTD dan dishub setempat.

"Meski demikian, pembatasan angkutan barang ini tetap menyesuaikan kondisi kemacetan di jalan tol yang sewaktu-waktu dapat diubah sesuai diskresi dari kepolisian yang dikomandoi oleh Korlantas Polri,” jelas Dirjen Budi.

Untuk memperlancar arus balik, pihak kepolisian bersama operator jalan tol akan menerapkan contraflow dari arah timur ke barat di tol Jakarta Cikampek di KM 65 (setelah pertemuan Tol Trans Jawa dengan Tol Purbaleunyi) hingga KM 47 (Ramp on Jakarta Cikampek Elevated) jika diperkirakan akan terjadi peningkatan volume lalu lintas yang signifikan terutama dari arah timur (Jateng dan Jatim).

Baca juga: Libur Iduladha, Volume Lalu Lintas Meningkat

“Untuk menunjang kelancaran lalu lintas, maka pekerjaan konstruksi di sekitar main road jalan tol yang melibatkan kendaraan dan alat berat akan dihentikan sementara pada hari Sabtu-Minggu. Juga kami minta petugas pengelola jalan tol di rest area agar melarang kendaraan parkir di pinggir jalan tol sekitar rest area,” kata Budi.

Sebagai informasi, Ditjen Hubdat mencatat adanya kenaikan volume lalu lintas selama Iduladha. Namun, volume lalu lintas di masa Iduladha tahun ini cenderung menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya akibat mewabahnya virus corona.



Sumber: BeritaSatu.com