Lima Calon Pengganti Nikki Haley Disiapkan

Lima Calon Pengganti Nikki Haley Disiapkan
Presiden AS Donald Trump menjabat tangan Dubes AS untuk PBB Nikki Haley di Oval office, Gedung Putih, 9 Oktober. Haley menyatakan mundur dari jabatannya dan diterima Trump. ( Foto: AFP )
Jeanny Aipassa / WIR Rabu, 10 Oktober 2018 | 20:38 WIB

Washington- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, telah menyiapkan lima calon pengganti Nikki Haley, yang mundur dari jabatannya sebagai Duta Besar (Dubes) AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Saya memiliki lima orang yang masuk daftar untuk menjadi utusan AS di PBB, termasuk mantan Kepala Penasihat Keamanan Nasional, Dina Powell,” kata Trump, kepada wartawan di atas Air Force One, Selasa (9/10).

Beberapa nama yang disebut menjadi calon kuat Dubes AS untuk PBB adalah Dina Powell, yang merupakan sahabat Haley dan Andrew Surabian yang merupakan sekutu Trump. Richard Grenell, Dubes AS untuk Jerman, juga disebut masuk daftar calon, namun Trump membantahnya, meski kemudian mengatakan akan mempertimbangkannya.

Ivanka Trump, putri tertua Trump, juga disebut menjadi calon potensial, pasca cuitan Trump di Twitter yang menuai kontroversi. Dalam cuitan itu, Trump menyebut putrinya adalah kandidat yang luar biasa untuk menduduki posisi Dubes AS untuk PBB, namun Trump akan dituduh melakukan nepotisme.

Berbeda dengan pengunduran pejabat tinggi lainnya, Trump memuji Haley, dengan menyebutnya sebagai rekan kerja yang sangat penting dan telah melakukan pekerjaan luar biasa bersama, meski kadang tak sejalan dengan kebijakan luar negeri Trump.

“Dia telah melakukan pekerjaan luar biasa. Dia adalah orang yang fantastis, sangat penting, dan kami telah melakukan pekerjaan yang luar biasa bersama,” ujar Trump.

Dia juga mengatakan bahwa pengunduran diri Haley bukan keputusan yang mengejutkan baginya karena telah diberitahukan sekitar enam bulan lalu. Banyak pihak di Gedung Putih dan PBB yang mengaku terkejut dengan pengunduran diri Haley yang dianggap sebagai salah satu profil tertinggi di kabinet Trump.

“Haley telah memberitahu saya sekitar enam bulan yang lalu bahwa dia berpikir untuk mundur pada akhir tahun untuk mengambil sedikit waktu istirahat,” kata Trump.



Sumber: Suara Pembaruan