Trump: Tampaknya Jelas Khashoggi Tewas

Trump: Tampaknya Jelas Khashoggi Tewas
Presiden AS Donald Trump ( Foto: AFP )
Heru Andriyanto / HA Jumat, 19 Oktober 2018 | 05:54 WIB

Washington - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (8/10) mengungkapkan pendapatnya bahwa hampir bisa dipastikan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi telah tewas.

Khashoggi tidak muncul lagi dari gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul sejak dia masuk 2 Oktober lalu untuk mengambil dokumen-dokumen yang akan digunakan untuk pernikahannya. Para pejabat Turki mengatakan mereka meyakini jurnalis yang sangat vokal terhadap pemerintah Saudi itu dibunuh di dalam gedung, tubuhnya dimutilasi, kemudian dilenyapkan.

“Kelihatannya memang seperti itu bagi saya,” kata Trump di pangakalan militer Andrews saat ditanya wartawan apakah Khashoggi telah tewas.

“Ini sangat menyedihkan.”

Trump mengatakan dia masih menunggu laporan terperinci dari "sekitar tiga investigasi yang berbeda sehingga kami bisa memahami akar penyebab” hilangnya Khoshoggi.

Saat ditanya apa konsekuensinya jika para pemimpin Saudi terlibat, Trump menjawab: “Pasti (sanksinya) akan sangat berat. Maksud saya ini buruk, hal yang buruk, tetapi kita lihat yang terjadi nanti."

Pihak Saudi telah membantah tegas tuduhan membunuh Khashoggi, tetapi sejumlah media Amerika belum lama ini memberitakan kalau Riyadh akan membuat pengakuan bahwa Khashoggi terbunuh dalam interogasi yang berujung ricuh.



Sumber: Reuters