Akibat Hina Presiden Ekuador, Dubes Venezuela Diusir

Akibat Hina Presiden Ekuador, Dubes Venezuela Diusir
Jeanny Aipassa / WIR Jumat, 19 Oktober 2018 | 12:27 WIB

Quito- Pemerintah Ekuador mengusir Duta Besar (Dubes) Venezuela Carol Delgado, pada Kamis (18/10). Tindakan itu dilakukan setelah seorang menteri Venezuela menghina presiden Ekuador.

Pada Kamis pagi waktu setempat, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Ekuador mengumumkan pengusiran Dubes Venezuela untuk Ekuador, Carol Delgado, terkait dengan komentar seorang menteri Venezuela yang menyebut Presiden Ekuador, Lenin Moreno, sebagai pembohong.

Pada Rabu (17/10), Menteri Komunikasi dan Informasi Venezuela, Jorge Rodriques, menuduh Presiden Morebi berbohong tentang jumlah warga Venezuela yang mengungsi ke Ekuador yang diperkirakan mencapai 6.000 orang.

“Saya mendengarkan dengan tercengang atas pernyataan seorang presiden di benua ini, karena saya tidak percaya dia bisa menjadi pembohong seperti itu,” kata Rodriques.

Otoritas Ekuador menilai pernyataan Rodriqes tersebut tak dapata diterima dan menunjukkan sikap tidak hormat terhadap Presiden Ekuador. Sebagai tanggapan, Ekuador memutuskan mengusir Dubes Carol Delgado.

“Kami tidak akan mentolerir sikap tidak hormat terhadap pihak berwenang kami,” bunyi penyataan Kemlu Ekuador, Kamis.



Sumber: Suara Pembaruan