Pemilu AS: Republik Pertahankan Senat, Pertarungan di DPR Ketat

Pemilu AS: Republik Pertahankan Senat, Pertarungan di DPR Ketat
US Capitol di Washington, AS. (Foto: AFP)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Rabu, 7 November 2018 | 11:40 WIB

Washington - Partai Republik mempertahankan posisi mayoritas mereka di Senat, sementara pertarungan merebut kursi di DPR AS berlangsung ketat. Warga AS melakukan Pemilu Sela (Mid-term Election) pada Selasa (6/11) waktu setempat di mana mereka memilih wakil rakyat.

Berdasarkan data dari AP, dari 100 kursi yang diperebutkan di Senat, sebanyak 92 sudah dipastikan. Republik sejauh ini menguasai 50 kursi dari 100 kursi di Senat, sedangkan Demokrat merebut 41 kursi. Satu partai lainnya berhasil merebut satu kursi, dan sisanya belum dipastikan.

Di DPR AS, 300 kursi sudah dipastikan. Dari 435 kursi yang diperebutkan, Republikan mendapatkan 152 kursi sedangkan Demokrat 148 kursi.

"Ini adalah momen yang besar dan kemenangan bagi presiden," kata juru bicara kepresidenan Sarah Huckabee Sanders di Gedung Putih menanggapi kemenangan Republik di Senat, Selasa malam.

Menurut survei yang dilakukan AP VoteCast, mengatakan isu sistem jaminan kesehatan dan imigrasi sebagai dua isu utama dalam pemilu kali ini. Hampir dua per tiga pemilih mengatakan Trump adalah alasan mereka memilih. Survei AP juga mengatakan bahwa tingkat partisipasi pemilu sekitar 40 persen.

Pemilu kali ini memiliki signifikansi yang besar bagi Demokrat. Kemenangan bagi Demokrat bisa menggagalkan rencana-rencana kontroversial Trump selama dua tahun ke depan. Demokrat juga berjanji akan memanggil Trump ke pengadilan terkait isu-isu personal Trump, seperti laporan pajak.



Sumber: AP