Di Pemilu Sela AS, Partai Republik Kuasai Senat

Di Pemilu Sela AS, Partai Republik Kuasai Senat
Warga antre saat hendak memberikan suaranya dalam Pemilu Amerika Serikat, di Scottsdale, Arizona, 8 November 2016. ( Foto: AFP/Laura Segall )
Jeanny Aipassa / WIR Rabu, 7 November 2018 | 12:03 WIB

Washington-Partai Republik menguasai Senat AS, setelah merebut 50 kursi dalam pemilihan umum (pemilu) sela, yang berlangsung pada Selasa (6/11). Sementara itu, Demokrat diunggulkan memenangkan kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atau House of Representatives Amerika Serikat (AS).

Sejak Selasa pagi, warga AS yang memiliki hak pilih antusias mengantri untuk memberikan suara dalam pemilu legislagtif. Mereka akan memilih 435 anggota DPR, 35 dari 100 anggota Senat AS, dan 36 dari 50 jabatan gubernur negara-negara bagian.

Hingga pukul 23.00 waktu setempat atau pada Rabu 97/11) sekitar pukul 11.00 WIB, perhitungan cepat CNN menunjukkan Partai Republik meraih 50 kursi dari 100 kursi Senat AS, sedangkan Partai Demokrat meraih 40 kursi.

Sementara untuk pemilihan Gubernur, Republik juga unggul dengan meraih 20 kursi dari 36 posisi gubernur dalam pemilu sela tahun ini.

Meski demikian, sejumlah jajak pendapat dan analis opini publik menunjukkan, Demokrat unggul dalam persaingan untuk mendominasi DPR. Secara keseluruhan, Demokrat membutuhkan 23 kursi untuk merebut posisi mayoritas di DPR yang beranggotakan 435 orang.

Namun Demokrat menghadapi persaingan sengit dari Partai Republik dalam meraih kursi DPR. Hasil perhitungan cepat yang ditayangkan CNN menunjukkan perolehan kursi Demokrat dan Republik sangat ketat dengan selisih yang tipis.

Hasil perhitungan cepat yang ditayangkan CNN hingga pukul 23.00 waktu setempat, menunjukkan. Demokrat dan Republik sama-sama meraih 156 kursi DPR. Partai Demokrat membutuhkan 218 suara untuk menguasai DPR AS. Pada pemilu sela 2016, Demokrat hanya meraih 195 kursi. Itu berarti Demokrat harus merebut 23 kursi DPR dari tangan Republik.



Sumber: Suara Pembaruan