PBB Cari Dana Bantuan untuk Negara Tetangga Venezuela

PBB Cari Dana Bantuan untuk Negara Tetangga Venezuela
Presiden Venezuela Nicolas Maduro (kanan) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berpose bersama di Istana Presiden Miraflores di Caracas, Senin (3/12). ( Foto: AFP / Yuri CORTEZ )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 5 Desember 2018 | 19:49 WIB

Jenewa- Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) sedang mencari dana US$ 738 juta atau Rp 10,55 triliun pada tahun 2019 untuk membantu negara-negara tetangga Amerika Latin yang mengatasi masuknya jutaan migran pengungsi Venezuela.

Pada Selasa (4/12), PBB menyatakan para migran itu masih memiliki “ada prospek untuk kembali dalam jangka pendek dan menengah”.

Target dana PBB ini adalah pertama kalinya krisis Venezuela dimasukkan dalam upaya kemanusiaan global tahunan AS yang nilai anggarannya mencapai US$ 21,9 miliar untuk 2019 tanpa Suriah.

Menurut badan pengungsi PBB UNHCR, tiga juta orang Venezuela telah melarikan diri dari krisis politik dan ekonomi di negara Andean. Sebagian besar migran pengungsi Venezuela itu pergi sejak 2015.

“Ada satu krisis yang kami untuk pertama kalinya memiliki rencana respons, yaitu untuk membantu negara-negara tetangga Venezuela yang menanggung konsekuensi sejumlah besar pengungsi rakyat Venezuela,” kata koordinator bantuan darurat PBB Mark Lowcock berita pengarahan di Jenewa.

Mayoritas orang Venezuela telah melarikan diri ke 16 negara di Amerika Latin dan Karibia. Mulai dari Brasil, Kolombia, Ekuador, dan Peru.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE