Senator AS: MBS Beri Perintah dan Pantau Eksekusi Khashoggi

Senator AS: MBS Beri Perintah dan Pantau Eksekusi Khashoggi
Senator AS Bob Corker, dari partai Republik berbicara kepada media menyusul paparan dari Direktur CIA Gina Haspel tentang pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, di Capitol Hill, Washington, DC, Selasa (4/12). ( Foto: AFP / SAUL LOEB )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 5 Desember 2018 | 19:51 WIB

Washington-Dua senator utama dari partai Republik Amerika Serikat (AS) menyimpulkan Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) telah memberi perintah dan memantau eksekusi Jamal Khashoggi. Pada Selasa (4/12), kesimpulan itu diungkapkan setelah pertemuan tertutup kelompok senator denganbadan intelijen AS, CIA

"Saya tidak meragukan dalam benak saya bahwa putra mahkota mengarahkan pembunuhan itu dan terus menilai situasi yang ada," kata Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat Bob Corker kepada wartawan setelah Direktur CIA Gina Haspel memberi penjelasan singkat kepada sekelompok kecil senator.

"Jika MBS berada di depan juri, dia akan dihukum dalam waktu kurang dari 30 menit," kata Corker, menggunakan inisial nama pangeran.

Deklarasi baru yang meledak-ledak oleh anggota partai Presiden Donald Trump sendiri bertentangan dengan narasi Gedung Putih yang mengabaikan hubungan terkait antara Putra Mahkota Arab Saudi dan pembunuhan wartawan dan pengritik istana Khashoggi di Istanbul, pada Oktober.

Senator Republik lainnya, Lindsey Graham, sekutu Trump yang telah bergabung dengan sejumlah anggota parlemen, mendesak presiden untuk mengambil sikap yang jauh lebih keras terhadap Riyadh.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE