Demi Tembok Batas AS, Trump Siap Gunakan Wewenang Darurat

Demi Tembok Batas AS,  Trump Siap Gunakan Wewenang Darurat
Anggota militer Amerika Serikat (AS) menempatkan kawat berduri di sepanjang perbatasaan AS-Meksiko, di Donna, Texas, Minggu (4/11), untuk mengantisipasi gelombang pengungsi dari Amerika Teengah. ( Foto: Dok SP )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 5 Januari 2019 | 21:39 WIB

Washington-Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengaku sedang mempertimbangkan untuk menggunakan wewenang darurat. Pada Jumat (4/1), dia mengatakan wewenang itu akan memungkinkannya untuk menggunakan dana militer dan membangun tembok di perbatasan AS-Meksiko.

“Saya dapat melakukannya jika saya mau. Kita dapat menyerukan darurat nasional karena keamanan. Saya belum melakukannya. Saya dapat melakukannya tetapi kita dapat memanggil darurat nasional dan membangunnya dengan sangat cepat,” katanya dalam sambutan di White House Rose Garden.

Trump telah berulang kali berbicara tentang deklarasi keadaan darurat nasional dalam beberapa bulan terakhir. Tetapi hingga kini, dia belum menindaklanjutinya sehingga pemerintah mengalami penutupan operasional.

Pada Jumat (4/1), Trump tampaknya mengindikasikan bahwa ia akan lebih memilih untuk mengamankan pendanaan melalui Kongres. Trump mengancam akan mengumumkan keadaan darurat nasional untuk membangun tembok jika Demokrat tidak memberikan anggaran US$ 5 miliar yang dimintanya.

Trump bersumpah bahwa penutupan parsial pemerintah tidak akan berakhir sampai dia dan Demokrat menyelesaikan sengketa soal keamanan perbatasan AS. Tetapi pada saat yang sama, dia menyebut pertemuan dengan anggota parlemen "produktif" ketika satu kelompok berencana mengadakan pertemuan untuk pembicaraan lebih lanjut.



Sumber: Suara Pembaruan