Mantan Presiden Bank Dunia Akan Gabung Satu Perusahaan

Mantan Presiden Bank Dunia Akan Gabung Satu Perusahaan
Jim Yong Kim ( Foto: AFP )
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 8 Januari 2019 | 19:35 WIB

New York- Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya pada Senin (7/1) setelah enam tahun memimpin lembaga pemberi pinjaman global. Demi satu perusahaan, warga negara Amerika Serikat (AS) itu, akan mengundurkan diri pada 1 Februari, sebelum masa jabatan di Bank Dunia berakhir secara resmi pada tahun 2022.

Kim mengatakan bahwa ia akan segera bergabung dengan satu perusahaan dan fokus pada peningkatan infrastruktur di negara-negara berkembang. Namun Bank Dunia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

“Merupakan kehormatan besar untuk melayani sebagai Presiden dari lembaga luar biasa ini, penuh dengan orang-orang yang penuh semangat yang didedikasikan untuk misi mengakhiri kemiskinan ekstrem dalam hidup kita,” kata Kim dalam satu pernyataan, Senin.

Kim adalah seorang dokter dan antropolog yang sebelumnya menjalankan proyek untuk memerangi TBC dan AIDS di beberapa negara termiskin di dunia. Pria berusia 59 tahun yang besar di Amerika Serikat (AS) ini adalah orang pertama yang memimpin bank yang memiliki pengalaman langsung di garis depan memerangi kemiskinan.

“Cakupan Kelompok Bank Dunia lebih penting sekarang daripada sebelumnya karena aspirasi orang miskin meningkat di seluruh dunia, dan masalah seperti perubahan iklim, pandemi, kelaparan dan pengungsi terus tumbuh dalam skala dan kompleksitas mereka,” tambahnya.

Jim Yong Kim adalah sosok tokoh pertama Bank Dunia yang tidak memiliki latar belakang politik atau keuangan. Namun sebagai kepala Bank Dunia, ia telah mendorong lembaga itu untuk berbuat lebih banyak untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE