Trump Janji Akan Rebut Semua Wilayah ISIS

Trump Janji Akan Rebut Semua Wilayah ISIS
Presiden AS Donald Trump. ( Foto: AFP )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 9 Februari 2019 | 11:30 WIB

Washington, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperkirakan pada Rabu (6/2), bahwa kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) akan segera kehilangan semua wilayah yang pernah dikuasai di Irak dan Suriah.

Trump mengatakan AS tidak akan menyerah dalam memerangi sisa-sisa organisasi ekstremis. Tekad itu akan dipegang meskipun keputusan untuk menarik pasukan Amerika dari Suriah menuai keberatan dari beberapa penasihat senior keamanan nasional.

“Sisa, hanya itu yang mereka miliki. Sisa, tetapi sisa-sisa bisa sangat berbahaya. Yakinlah, kami akan melakukan apa yang diperlukan untuk mengalahkan setiap ons dan setiap orang terakhir dalam kegilaan Daesh,” katanya, menggunakan akronim lain untuk ISIS.

Presiden mengatakan kepada perwakilan dari satu koalisi yang dipimpin oleh 79 anggota AS untuk memerangi ISIS bahwa para milisi hanya menguasai sebagian kecil dari wilayah luas yang diklaim sebagai "kekhalifahan" mereka.

“Harus diumumkan secara resmi, mungkin minggu depan, bahwa kita akan menguasai 100% kekhalifahan,” kata Trump.

Para pejabat AS telah mengatakan dalam beberapa pekan terakhir bahwa ISIS telah kehilangan 99,5% wilayahnya dan bertahan kurang dari 2 mil persegi di Suriah.

Tetapi ada kekhawatiran penarikan AS yang akan datang akan mengganggu pencapaian militer AS. Trump mengatakan kepada pertemuan anggota koalisi di Departemen Luar Negeri bahwa sementara "sisa-sisa" kelompok itu masih berbahaya, ia bertekad untuk membawa pulang pasukan AS. Dia meminta anggota koalisi untuk meningkatkan dan melakukan "bagian yang adil" dalam perang melawan terorisme.



Sumber: Suara Pembaruan