Menlu Buka Pameran Foto Presidensi Indonesia di DK PBB

Menlu Buka Pameran Foto Presidensi Indonesia di DK PBB
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi membuka pameran foto di Markas Besar Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat (AS) dalam rangka Presidensi Indonesia di Dewan Keamanan (DK) PBB, Senin (6/5/2019). ( Foto: Kemlu RI / Dokumentasi )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Selasa, 7 Mei 2019 | 20:10 WIB

New York, Beritasatu.com- Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi membuka pameran foto dalam rangka Presidensi Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB) di New York, Amerika Serikat (AS), Senin (6/5).

Pameran foto bertajuk "Menabur Benih Perdamaian” (Investing in Peace) menampilkan berbagai kegiatan diplomasi Indonesia dalam melakukan pembinaan perdamaian di berbagai negara.

Rotasi kepemimpinan di DK PBB saat ini dipegang oleh Indonesia selama satu bulan pada Mei 2019.

Retno mengatakan pameran foto ini menjadi salah satu agenda utama dalam presidensi Indonesia di DK PBB. Lewat foto-foto yang terpajang, Indonesia ingin memperlihatkan perspektif perdamaian yang sejalan dengan tema sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB yaitu Menabur Benih Perdamaian.

"Perdamaian harus kita bangun, rawat dan jaga," kata Retno, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri hari Selasa (7/5).

Retno menjelaskan perdamaian bukan hanya ditandai dengan tidak adanya perang, tapi juga kondisi dimana demokrasi, HAM dan pembangunan sama-sama diperjuangkan dan ditegakkan. Oleh karena itu, perwujudan perdamaian hanya dapat diraih dengan upaya nyata untuk membangun dan memeliharanya.

Menurut Retno, diplomasi kemanusiaan dan kerja sama pembangunan yang dijalankan Indonesia selama ini diarahkan untuk membuahkan hasil nyata seperti terlihat dalam berbagai foto yang dipamerkan di markas besar PBB.

Pameran foto ini menampilkan dokumentasi atas tiga bentuk kontribusi Indonesia bagi perdamaian dunia. Pertama, demokrasi dan bina damai. Kedua, peran perempuan sebagai agen perubahan dan perdamaian, dan ketiga, kerjasama pembangunan.

Diantaranya menunjukkan kontribusi pasukan pemelihara perdamaian perempuan Indonesia, bantuan pelatihan Indonesia bagi negara-negara Pasifik, Afrika dan Palestina, serta bantuan kemanusiaan Indonesia di Myanmar.

Pameran foto oleh Indonesia terpasang pada dinding South Wall gedung markas besar PBB di New York ini akan berlangsung selama dua pekan yaitu tanggal 6-17 Mei 2019. Turut hadir pada resepsi pembukaan pameran foto ini adalah duta besar/wakil tetap negara sahabat negara anggota PBB termasuk anggota DK-PBB dan ASEAN.



Sumber: Suara Pembaruan