Serikat Buruh Terbesar Argentina Serukan Mogok Massal

Serikat Buruh Terbesar Argentina Serukan Mogok Massal
Demonstran melemparkan batu ke arah aparat keamanan saat aksi unjuk rasa menentang pemerintah di Buenos Aires, Argentina, beberapa waktu lalu. ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 15 Mei 2019 | 09:33 WIB

Buenos Aires, Beritasatu.com- Serikat buruh terbesar Argentina menyerukan pemogokan nasional 24 jam pada Selasa (14/5). Seruan itu dilontarkan untuk memprotes kebijakan penghematan pemerintah. Aksi mogok memberikan tekanan pada Presiden Mauricio Macri saat ia berjuang melawan resesi yang melanda dan pasar bergejolak.

Konfederasi Umum Tenaga Kerja (CGT) dikenal sebagai kelompok payung besar sempat menunda bergabung dengan aksi industri oleh serikat pekerja lainnya pada bulan April. Namun Serikat ini mengatakan dukungan aksi mogok pada 29 Mei

Argentina bergulat dengan resesi, inflasi yang sangat tinggi dan mata uang peso yang fluktuatif, yang telah menghantam pasar kerja dan melemahkan gaji serta daya belanjanya. Tingkat kemiskinan juga meningkat tajam.

"Dengan situasi ini, kita akan memiliki lebih banyak kolega yang menganggur dan lebih banyak kolega di luar aktivitas produktif," kata pemimpin serikat Héctor Daer saat konferensi pers.

Output industri Argentina telah turun selama 11 bulan berturut-turut, sejak pertengahan 2018 ketika ekonomi No 2 Amerika Selatan itu dilanda krisis utang, inflasi yang tajam dan mata uang peso yang jatuh.

“Saat ini, tidak ada sektor yang terselamatkan dari masalah krisis utang,” tambah pemimpin serikat pekerja Carlos Acun.



Sumber: Suara Pembaruan