IMF Sebut Perang Dagang AS-Tiongkok Rugikan Ekonomi Global

IMF Sebut Perang Dagang AS-Tiongkok Rugikan Ekonomi Global
Christine Lagarde. ( Foto: AFP )
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 6 Juni 2019 | 15:38 WIB

Washington, Beritasatu.com - Dana Monoter Internasional (IMF) menyatakan, tensi perang dagang yang terus meningkat antara dua kutub ekonomi terbesar di dunia, Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, bisa memangkas pertumbuhan ekonomi dunia tahun depan.

Direktur pelaksana IMF, Christine Lagarde, mengatakan, ancaman Presiden Trump untuk mengenakan tarif impor terhadap barang-barang Tiongkok dan tindakan balasan dari Negeri Tirai Bambu, dikhawatirkan bakal menurunkan pendapatan kotor domestik (GDP) sebesar 0,5 persen.

"Hal ini berarti, kerugian sebesar US$ 455 miliar. Nilainya, lebih besar dari seluruh perekonomian negara Afrika Selatan (Afsel),” kata Lagarde, seperti dikutip Beritasatu.com dari laman VOA, Kamis (6/6/2019).

Peringatan yang disampaikan Lagarde dikeluarkan menjelang pertemuan para Menteri Keuangan G-20 dan para pejabat bank sentral di Jepang akhir pekan ini.

"Kerugian seperti ini tentunya harus dihindari, dengan mencabut semua hambatan perdagangan yang diumumkan belum lama ini, dan mencegah munculnya hambatan-hambatan perdagangan baru dalam bentuk apapun,” tegas Lagarde.



Sumber: Reuters, VOA