Setahun KTT AS-Korut, Trump Terima Surat dari Kim

Setahun KTT AS-Korut, Trump Terima Surat dari Kim
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (kanan) berfoto bersama Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dalam pertemuan bersejarah keduanya, antara Amerika Serikat dan Korea Utara di Hotel Capella, Singapura, 12 Juni 2018. ( Foto: AFP / Saul Loeb )
Natasia Christy Wahyuni / JAI Rabu, 12 Juni 2019 | 15:21 WIB

Washington, Beritasatu.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menyatakan menerima sepucuk surat yang sangat hangat dari pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, pada Selasa (11/6/2019). 

Surat tersebut diterima Donald Trump tepat sehari menjelang peringatan setahun Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AS-Korut, untuk membahas perundingan penghentian program nuklir (denukrilisasi) Korut, yang berlangsung di Singapura, pada 12 Juni 2018.

“Saya menerima sepucuk surat yang indah dari Kim Jong-un. Saya menghargai surat tersebut,” kata Donald Trump di Gedung Putih, Washington, AS, Selasa (11/6/2019).

Meskipun tidak memberitahukan isi surat tersebut, Trump menggambarkannya sebagai sinyal positif bagi hubungan kedua negara, terkait dengan perundingan denukrilisasi Korut yang mengalami kebuntuan sejak Februari 2019.

“Saya pikir sesuatu akan terjadi dan akan menjadi sangat positif,” ujar Donald Trump.

Washington berusaha untuk kembali membangun momentum setelah perundingan dengan Pyongyang macet. Donald Trump dan Kim Jong-un pertama kali bertemu di Singapura pada 12 Juni 2018, lalu melakukan pertemuan kedua pada Februari 2019 di Hanoi, Vietnam.

KTT Kedua AS-Korut yang berlangsung di Vietnam, awalnya diharapkan mencapai hasil lebih konkret, tapi gagal bahkan diakhiri tanpa pernyataan bersama seperti yang dilakukan Donald Trump dan Kim Jong-un, seperti ketika pertemuan pertama mereka di Singapura.



Sumber: Al Jazeera/Reuters/AFP/Suara Pembaruan