Kapal Pembawa 69 Kontainer Sampah dari Filipina Tiba di Kanada

Kapal Pembawa 69 Kontainer Sampah dari Filipina Tiba di Kanada
Kontainer berisi 1.500 ton sampah, meninggalkan Filipina pada 31 Mei 2019 di atas kapal kargo MV Bavaria. Kontainer tersebut kemudian dipindahkan ke kapal yang lebih besar, Anna Maersk. ( Foto: Toronto Star / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Senin, 1 Juli 2019 | 20:51 WIB

Toronto, Beritasatu.com- Satu kapal yang membawa 69 kontainer sampah dari Filipina akhirnya dikembalikan dan tiba di Kanada pada Sabtu (29/6). Kedatangan kapal pembawa limbah yang telah membusuk itu mengakhiri kebuntuan diplomatik antara Filipina dan Kanada sejak 2013.

Kapal Anna Maersk berlabuh di terminal kontainer Kanada, GCT Deltaport di Delta, British Columbia, yang merupakan bagian dari Greater Vancouver, di dekat Terminal Feri Tsawwassen.

Juru bicara Metro Vancouver, Sarah Lusk, mengatakan sampah itu akan dikirimkan ke fasilitas Limbah ke Energi di Burnaby untuk dibakar, tapi ada ketidakpastian terkait waktu dan fasilitas sehingga tidak mungkin menerima limbah lebih dari akhir minggu.

Puluhan kontainer sampah yang awalnya dikirimkan ke Filipina untuk didaur ulang itu, menjadi perselisihan diplomatik antara Manila dan Ottawa.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengancam Kanada dengan perang dan akan menarik diplomat tinggi mereka dari Kanada setelah Kanada melewatkan tenggat waktu 15 Mei 2019 untuk mengambil sampah tersebut.

Limbah itu dikirimkan lewat kapal ke Filipina pada 2013 dan 2014 dengan diberi label salah sebagai “plastik daur ulang”. Namun, kontainer-kontainer tersebut ternyata berisi popok bayi dan koran. Pengadilan Filipina pada 2016 memerintahkan agar semua limbah tersebut dikembalikan ke Kanada.

Kanada setuju untuk mengatur pengembalian limbah pada akhir Mei 2019, serta berjanji menyewa perusahaan Logistik Bollore Kanada untuk membawa semua sampah itu kembali dengan selamat secepatnya



Sumber: Suara Pembaruan