Lagi, Venezuela Jual Cadangan Emas US$ 40 Juta

Lagi, Venezuela Jual Cadangan Emas US$ 40 Juta
Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyentuh batangan emas saat berbicara selama pertemuan dengan para menteri yang bertanggung jawab atas sektor ekonomi di Istana Miraflores, Caracas, Venezuela, pada 22 Maret 2018. ( Foto: VoA / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 17 Juli 2019 | 23:05 WIB

Caracas, Beritasatu.com- Pemerintah Venezuela menjual cadangan emas sekitar US$ 40 juta (sekitar Rp 564 miliar) pada minggu lalu.

Seperti dilaporkan Bloomberg, Selasa (16/7), Caracas menentang banyak sanksi AS yang mengancam untuk memotong rezim otokratis Nicolas Maduro.

Menurut orang-orang yang mengetahui transaksi itu, bank sentral Venezuela menjual hampir satu ton emas pada 12 Juli, menurunkan cadangan dolar Venezuela ke level terendah tiga dekade mendekati US$ 8,1 miliar (sekitar Rp 114,3 triliun).

Saat sanksi AS semakin memutus Venezuela dari sistem keuangan global, Maduro telah menjual emas ke perusahaan-perusahaan di tempat-tempat seperti Uni Emirat Arab dan Turki. Transaksi itu mencapai sekitar 24 ton emas dalam penjualan sejak awal April.

Seorang pejabat pers bank sentral tidak segera menanggapi permintaan komentar atas penjualan emas tersebut.

Kantor Pengendalian Aset Asing, Departemen Keuangan AS memasukkan bank sentral Venezuela dalam daftar entitas yang terkena sanksi pada bulan April 2019.

AS berharap untuk menghentikan perdagangan yang menguntungkan yang telah digunakan Maduro untuk menjaga militer loyal kepada rezimnya.



Sumber: Suara Pembaruan