Media AS: Hamza bin Laden Tewas

Media AS: Hamza bin Laden Tewas
Hamza dan Osama bin Laden ( Foto: Gattonstar / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 2 Agustus 2019 | 06:45 WIB

Washington, Beritasatu.com- Putra Osama bin Laden, Hamza, yang dipilih sebagai pewaris kepemimpinan Al-Qaeda, telah terbunuh. Media AS melaporkan kematian Hamza pada Rabu (31/7), mengutip pejabat Amerika.

NBC News menyatakan tiga pejabat AS telah mengkonfirmasi informasi tentang kematian Hamza bin Laden, tetapi tidak memberikan rincian tempat atau tanggal tersebut.

The New York Times kemudian mengutip dua pejabat AS yang mengatakan mereka memiliki konfirmasi bahwa Hamza bin Laden terbunuh selama dua tahun terakhir dalam operasi yang melibatkan Amerika Serikat (AS).

Dikonfirmasi wartawan di Kantor Oval, Presiden Donald Trump tidak mengkonfirmasi atau membantah laporan NBC. “Saya tidak mau berkomentar tentang itu,” kilahnya.

Kedua laporan menyatakan bahwa Hamza mungkin telah dibunuh jauh sebelum Departemen Luar Negeri AS mengumumkan hadiah US $ 1 juta (sekitar Rp 14,1 miliar) untuk kematian Hamza pada Februari 2019.

“Anak ke-5 dari 20 anak Osama bin Laden dan seorang putra dari istri ketiganya, Hamza, diperkirakan berusia sekitar 30 tahun. Dia tampil sebagai pemimpin dalam waralaba Al-Qaeda,” kata Departemen Luar Negeri AS saat mengumumkan hadiah.

Dijuluki putra mahkota jihad, Hamza telah mengeluarkan pesan audio dan video yang menyerukan serangan terhadap AS dan negara-negara lain, terutama untuk membalas pembunuhan ayahnya oleh pasukan AS di Pakistan pada Mei 2011.



Sumber: Suara Pembaruan