Perampokan di Meksiko, Koin Emas US$ 2 Juta Digasak

Perampokan di Meksiko, Koin Emas US$ 2 Juta Digasak
Seorang polisi berbicara di telepon genggamnya di luar Casa de Moneda, Meksiko, di Mexico City, Selasa (6/8/2019), yang dirampok sebelumnya hari ini dan para penyerang mengambil barang curian sekitar dua setengah juta dolar koin emas yang disebut "Centenarios". ( Foto: AFP / ALFREDO ESTRELLA )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 7 Agustus 2019 | 11:27 WIB

Mexico City, Beritasatu.com- Perampok bersenjata membobol pabrik koin pemerintah Meksiko pada Selasa (6/8) dan mengisi tas punggung dengan lebih dari US$ 2 juta kepingan koin emas dari ruang penyimpanan yang dibiarkan terbuka.

Menurut pejabat keamanan, perampokan siang hari adalah kejahatan tingkat tinggi terbaru yang melanda Mexico City. Di sana, kejahatan terus meningkat seiring pelanggaran hukum yang melanda negara itu.

Dua orang pelaku yang salah satunya memegang senjata api, mendobrak cabang "Casa de Moneda" di pagi hari. Dia sempat melemparkan seorang penjaga keamanan ke tanah dan merampas senjatanya.

"Salah satu perampok kemudian pergi ke lemari besi, yang terbuka, dan mengisi ranselnya dengan 1.567 koin emas," kata polisi.

Koin-koin tersebut, yang dikenal sebagai "centenarios," memiliki nilai nominal 50 peso, tetapi diperdagangkan dengan 31.500 peso (US$ 1.610) masing-masing, menurut bank Meksiko Banorte. Alhasil perampokan itu bernilai total setidaknya US$ 2,5 juta.

Koin itu pertama kali dicetak pada tahun 1921 untuk memperingati 100 tahun kemerdekaan Meksiko dari Spanyol, menurut bank sentral. Produksi ditangguhkan pada tahun 1931. Tetapi koin itu kemudian dicetak ulang mulai tahun 1943 karena permintaan untuk koin emas.

Satu sisi koin menampilkan lambang Meksiko, dengan elang yang bertengger di atas kaktus, dan sisi yang lainnya menampilkan monumen ikon Malaikat Kemerdekaan ibukota yang dilatari gunung berapi Iztaccihuatl dan Popocatepetl yang megah. Koin, berdiameter 37 mm (1,46 inci) ini memiliki kehalusan emas tingkat kemurnian 90%.



Sumber: Suara Pembaruan