Trump Tidak Mau Berbisnis dengan Huawei

Trump Tidak Mau Berbisnis dengan Huawei
Logo Huawei. ( Foto: AFP )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Senin, 19 Agustus 2019 | 10:56 WIB

Washington, Beritasatu.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan tidak mau bekerja sama dengan Huawei karena dia menganggap perusahaan asal Tiongkok tersebut sebagai ancaman keamanan.

"Saya tidak mau berbisnis (dengan Huawei) sama sekali karena mereka adalah ancaman terhadap keamanan nasional. Kita lihat nanti, saya akan memutuskan besok," kata Trump pada hari Minggu (18/8/2019).

Wall Street Journal dan Reuters memberitakan bahwa Kementerian Perdagangan AS mempertimbangkan memperpanjang izin selama 90 hari untuk berbisnis dengan perusahaan-perusahaan AS. Izin Huawei berakhir hari ini.

Pada bulan Mei, Kementerian Perdagangan memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam setelah Trump menyatakan Huawei sebagai ancaman nasional terhadap teknologi AS. Huawei dilarang menjual atau mentransfer teknologi ke perusahaan-perusahaan AS, kecuali mendapatkan izin khusus.

Huawei berencana mengurangi ratusan pekerja di Amerika Serikat (AS) akibat ketegangan dengan AS. Laporan The Wall Street Journal mengungkapkan, pemangkasan jumlah pekerja direncanakan akan menargetkan karyawan yang bekerja di Futurewei Technologies, anak perusahaan Huawei di bidang penelitian dan pengembangan teknologi, yang mempekerjakan sejumlah tenaga ahli di negara bagian Texas dan California.



Sumber: CNBC