Ide Beli Greenland Ditolak, Trump Batal ke Denmark

Ide Beli Greenland Ditolak, Trump Batal ke Denmark
Donald Trump ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Jeany Aipassa / WIR Jumat, 23 Agustus 2019 | 10:33 WIB

Washington, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menyatakan membatalkan rencana kunjungan kenegaraan ke Denmark, yang dijadwalkan pada September 2019.

Trump diundang Ratu Denmark, Margrethe II, untuk berkunjung ke negara itu pada 2 September 2019. Namun pada Rabu (21/8), Trump mengumumkan membatalkan kunjungan ke Denmark, dan mengisyaratkan ketidaksukaannya dengan pernyataan Perdana Menteri (PM) Denmark, Mette Frederiksen.

Trump menuturkan bahwa AS telah lama membidik peluang untuk membeli Greenland. Dia menganggap rencana tersebut adalah ide yang bagus.

Beberapa hari lalu, Trump juga mengunggah sebuah foto di Twitter, menunjukkan hotel Trump Tower yang menjulang tinggi di tengah-tengah Greenland. Dalam keterangan fotonya, Trump berjanji tidak akan melakukan hal seperti itu jika berhasil membeli Greenland.

Greenland merupakan sebuah pulau di Atlantik Utara yang sebagian besar wilayahnya dilapisi es. Pulau terbesar di dunia itu merupakan wilayah otonomi yang dikontrol oleh Denmark.

Wilayah itu dianggap penting karena AS memiliki pangkalan udara di Thule yang dibangun pada tahun 1951. Pangkalan udara ini berperan penting karena memiliki Sistem Peringatan Dini Rudal Balistik.

“Saya pikir pernyataan PM (Denmark, Red) itu keji. Itu adalah pernyataan yang tidak pantas,” ujar Trump.

Menurut Trump, daripada mengatakan rencananya adalah ide yang aneh, Frederiksen seharusnya cukup menuturkan bahwa negaranya tidak tertarik menjual pulau terbesar di dunia itu.

 



Sumber: Suara Pembaruan