AS Buka Kantor Diplomatik Venezuela di Kolombia

AS Buka Kantor Diplomatik Venezuela di Kolombia
Foto dokumentasi pada 31 Mei 2017 memperlihatkan para pendukung oposisi Venezuela berdemonstrasi di depan markas besar Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) di Washington, DC. ( Foto: AFP / NICHOLAS KAMM )
Unggul Wirawan / WIR Kamis, 29 Agustus 2019 | 21:23 WIB

Bogota, Beritasatu.com- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengumumkan pembukaan kantor diplomatik sementara Venezuela di Kolombia, pada Rabu (28/8). Pembukaan kantor ini berlangsung di tengah konflik internal atas upaya Presiden Venezuela Nicolás Maduro untuk tetap berkuasa.

Pompeo mengatakan Charge d'Affaires James Story akan mengawasi Unit Urusan Venezuela (VAU), yang berlokasi di Kedutaan Besar AS di Bogota, Kolombia.

“VAU melanjutkan misi AS kepada Pemerintah Venezuela yang sah dan kepada rakyat Venezuela. VAU akan terus bekerja untuk pemulihan demokrasi dan tatanan konstitusional di negara itu, serta keamanan dan kesejahteraan rakyat Venezuela,” kata Pompeo.

Pengumuman VAU datang saat AS mendukung upaya untuk memaksa Maduro keluar dari kekuasaan.

Pada Januari 2019, Presiden Trump secara resmi mengakui Juan Guaido sebagai presiden sementara negara tersebut, satu langkah yang diikuti lebih dari 50 negara lainnya.

VAU, kata Pompeo, hanya akan bekerja dengan "Guaido, Majelis Nasional yang terpilih secara demokratis, masyarakat sipil Venezuela, dan rakyat Venezuela.

“Amerika Serikat berpihak pada Presiden sementara Juan Guaido, Majelis Nasional, dan rakyat Venezuela ketika mereka berusaha untuk mendapatkan kembali demokrasi mereka,” katanya.



Sumber: Suara Pembaruan