Trump Kaji Ulang Bantuan US$ 250 Juta untuk Ukraina

Trump Kaji Ulang Bantuan US$ 250 Juta untuk Ukraina
Donald Trump ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 30 Agustus 2019 | 12:02 WIB

Washington, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sedang meninjau kembali bantuan militer senilai US$ 250 juta (sekitar Rp 3,56 triliun) ke Ukraina. Hal itu dikatakan dua pejabat senior Gedung Putih, pada Kamis (29/8).

Dana bantuan itu dimaksudkan untuk digunakan oleh Ukraina dalam perjuangannya dengan separatis pro-Rusia yang didukung oleh Moskwa.

"Presiden tidak merahasiakan dalam hal bantuan asing bahwa kepentingan AS di luar negeri harus diprioritaskan dan negara asing lainnya juga harus membayar bagian yang adil," kata salah satu pejabat, yang berbagi rincian rencana dengan syarat anonimitas.

Para pejabat mengatakan kemungkinan uang itu akan dialokasikan seperti biasa. Tetapi penentuan alokasi itu tidak akan dilakukan sampai peninjauan kebijakan selesai dan Trump membuat keputusan akhir. Tahun fiskal federal berakhir pada 30 September.

"Lembaga tidak dibatasi oleh persiapan untuk mewajibkan dana tersebut, dan lembaga masih memiliki waktu yang cukup untuk mewajibkan dana tersebut sebelum akhir tahun fiskal," kata pejabat itu.

Moskow mencaplok Crimea yang merupakan wilayah Ukraina pada tahun 2014.



Sumber: Suara Pembaruan