AS Akan Beri Dana US$ 52 Juta ke Juan Guaido

AS Akan Beri Dana US$ 52 Juta ke Juan Guaido
Pemimpin oposisi Venezuela dan penjabat presiden Juan Guaido, berbicara selama sesi di Majelis Nasional Caracas, Venezuela, Selasa (24/9/2019). ( Foto: AFP / Matias Delacroix )
Unggul Wirawan / WIR Kamis, 26 September 2019 | 11:59 WIB

New York, Beirtasatu.com- Amerika Serikat (AS) menyatakan pada hari Selasa (24 Sep) akan menyediakan US$ 52 juta (Rp 738,5 miliar) untuk pendanaan kepada pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido. Pendanaan ini merupakan peningkatan dukungan bahkan ketika Guaido mendorong untuk menggulingkan kekuatan sosialis Presiden Nicolas Maduro.

Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) menyatakan dana tersebut akan digunakan untuk media independen, masyarakat sipil, sektor kesehatan, dan Majelis Nasional yang dikendalikan oposisi, yang dipimpin oleh Guaido.

Pada Januari lalu, Guaido menetapkan konstitusi untuk menjadi presiden saingan, dengan alasan pemilihan kembali Maduro pada 2018 tidak sah.

Guaido telah diakui sebagai pemimpin sah Venezuela oleh lebih dari 50 negara, termasuk Amerika Serikat. Tetapi Maduro tetap berkuasa dengan dukungan angkatan bersenjata dan negara-negara seperti Kuba, Rusia, dan Tiongkok.

Maduro dikenal sebagai seorang sosialis yang telah memicu keruntuhan ekonomi dan dituduh melakukan korupsi dan pelanggaran hak asasi. Dia menyebut Guaido boneka AS kudeta, satu tuduhan yang kemungkinan akan diperkuat oleh pengumuman USAID.

Dalam satu pernyataan yang diposting di Twitter, kantor Guaido berterima kasih kepada USAID atas bantuan tersebut. Tetapi dia mengatakan tidak akan mengelola salah satu dana itu sendiri, mengingat bahwa ia belum menunjuk pengawas keuangan.

“100 persen dari sumber daya akan dikelola melalui pihak pelaksana yang diotorisasi oleh otoritas AS,” bunyi pernyataan itu.



Sumber: Suara Pembaruan