Partai Demokrat AS Menang Pilgub Louisiana

Partai Demokrat AS Menang Pilgub Louisiana
Gubernur Louisiana John Bel Edwards berbicara kepada wartawan di Louisiana, AS, Kamis (14/11/2019). ( Foto: AP / Matthew Hinton )
Unggul Wirawan / WIR Minggu, 17 November 2019 | 21:15 WIB

Louisiana, Beritasatu.com- Partai Demokrat Amerika Serikat (AS) memenangi pemilihan gubernur (pilgub) negara bagian Louisiana, Amerika Serikat (AS), Sabtu (16/11).

Gubernur John Bel Edwards akhirnya mendapatkan masa jabatan kedua sebagai gubernur Louisiana setelah pertarungan pilgub yang sengit.

Edwards menghadapi tantangan yang kuat dari kandidat Partai Republik Eddie Rispone. Namun Edwards akhirnya menang dengan 51% suara.

Kemenangan Edwards sekaligus merupakan pukulan bagi Presiden Donald Trump yang mendukung Rispone dari Partai Republik.

Trump mengunjungi negara bagian itu tiga kali selama dua minggu terakhir, mengubah persaingan pilgub menjadi ujian popularitasnya sendiri di negara bagian selatan.

"Malam ini, rakyat Louisiana telah memilih untuk merencanakan jalan mereka sendiri," kata Edwards kepada kerumunan pendukung pada hari Sabtu.

"Dan untuk presiden, Tuhan memberkati hatinya," tambah Edwards, yang direspons tawa dari beberapa penonton.

Edwards adalah gubernur pertama yang dipilih pada tahun 2015. Pria berusia 53 tahun itu tetap menjadi satu-satunya Demokrat terpilih di seluruh negara bagian di Republik yang historis.

Edwards memposisikan dirinya sebagai Demokrat konservatif, mendukung perluasan reformasi kesehatan era Obama tetapi menentang aborsi dan pembatasan senjata.

Rispon, pesaing dari Partai Republik, menyebut dirinya sebagai "orang luar yang konservatif" dalam bentuk Presiden Trump. Dia menghabiskan lebih dari US$ 12 juta (Rp 168 miliar) dari uangnya sendiri untuk pilgub ini.



Sumber: Suara Pembaruan