CEO Boeing Dipecat

CEO Boeing Dipecat
CEO Boeing Dennis Muilenburg ( Foto: istimewa )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Selasa, 24 Desember 2019 | 10:14 WIB

Chicago, Beritasatu.com - Boeing telah memecat CEO Dennis Muilenburg pada Senin (23/12/2019) dan menggantikannya dengan Chairman David Calhoun. Pemecatan dilakukan pasca-dua kecelakaan fatal Boeing 737 Max yang membuat produsen pesawat terbesar di AS tersebut kehilangan kepercayaan regulator, pelanggan, dan publik.

Calhoun akan menjadi CEO per 13 Januari 2020. Sementara anggota direksi Lawrence Kellner akan menjadi nonexecutive chairman.

Boeing menolak berkomentar atas pesangon Muilenburg, namun menurut laporan CNBC, Muilenburg bisa membawa pulang uang pesangon US$ 39 juta (Rp 545,3 miliar). Sementara, para korban kecelakaan mendapatkan santunan masing-masing US$ 144.500.

Boeing Mulai Bayar Santunan Korban 737 MAX

Awal bulan ini, Federal Aviation Administration (FAA) AS menegur Boeing karena menetapkan target yang tidak realistis untuk mengoperasikan kembali pesawat-pesawat mereka, yang di-grounded Maret lalu.

Dua pesawat Boeing mengalami kecelakaan tahun lalu. Pertama, pesawat Lion Air di Indonesia pada Oktober 2018 dan satu lagi pesawat Ethiopian Airlines Maret lalu. Keduanya menelan korban 346 orang. Program flight control yang bermasalah diduga menjadi penyebab kecelakaan, tetapi hingga saat ini, regulator belum menandatangani perubahan software sehingga maskapai terpaksa mengatur kembali jadwal mereka hingga 2020.

"Perusahaan menilai perubahan kepemimpinan dibutuhkan untuk mengembalikan kepercayaan kepada perusahaan ke depannya dan kami memperbarui komitmen kami atas transparansi penuh, termasuk komunikasi yang efektif dan proaktif dengan FAA, regulator global, dan pelanggan kami," kata CEO interim Greg Smith dalam pernyataan resminya.

Pascapemecatan Muilenburg, saham Boeing melesat mendekati 3 persen dalam perdagangan Senin (23/12/2019).

Sementara itu, FAA menolak berkomentar atas pemecatan Muilenburg.

Alami Keretakan, 50 Pesawat Boeing 737 Ditangguhkan



Sumber: CNBC.com