Tiongkok Sepakat Beli US$ 200 Miliar Produk AS

Tiongkok Sepakat Beli US$ 200 Miliar Produk AS
Wakil Perdana Menteri China Liu He dan Presiden AS Donald Trump menunjukkan dokumen kesepakatan kedua negara. ( Foto: AFP )
/ AB Kamis, 16 Januari 2020 | 09:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok menandatangani kesepakatan awal perdagangan, Rabu (15/1/2020). Kedua negara sepakat menurunkan beberapa tarif dan meningkatkan pembelian Tiongkok atas produk-produk AS, serta meredakan perselisihan yang telah terjadi selama 18 bulan.

Dalam kesepakatan itu, Tiongkok berjanji membeli setidaknya US$ 200 miliar produk pertanian AS serta barang dan jasa lainnya selama dua tahun.

Kesepakatan perjanjian "Fase 1" itu bagi kedua negara dianggap sebagai langkah maju setelah berbulan-bulan melakukan pembicaraan. Meski investor menyambut lega, tetap ada skeptisisme bahwa hubungan perdagangan AS-Tiongkok sekarang sudah membaik.

Presiden AS Donald Trump memuji perjanjian itu sebagai kemenangan bagi ekonomi AS dan kebijakan perdagangan pemerintahannya. "Bersama-sama, kami memperbaiki kesalahan masa lalu dan memberikan masa depan keadilan ekonomi dan keamanan bagi pekerja, petani, dan keluarga Amerika," katanya.

Wakil Perdana Menteri China Liu He membaca surat dari Presiden Xi Jinping yang memuji kesepakatan itu sebagai tanda kedua negara dapat menyelesaikan perbedaan dengan dialog.

Liu mengatakan perusahaan Tiongkok akan membeli US$ 40 miliar produk pertanian AS setiap tahun selama dua tahun ke depan berdasarkan kondisi pasar.



Sumber: ANTARA