Trump Selamat dari Pemakzulan

Trump Selamat dari Pemakzulan
Presiden Donald Trump berpidato di Kongres Amerika, Rabu 5 Februari 2020. ( Foto: AFP )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Kamis, 6 Februari 2020 | 10:30 WIB

Washington, Beritasatu.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump selamat dari usaha pemakzulan. Senat AS menyatakan Trump bebas dari dakwaan penyalahgunaan wewenang dan menghalang-halangi Kongres. Dengan demikian, Trump akan tetap menjabat sebagai Presiden AS hingga Pemilu AS berikutnya November-Desember 2020.

Trump adalah presiden ketiga dalam sejarah AS yang menghadapi pemakzulan, setelah Andrew Johnson dan Bill Clinton. Sejak awal, upaya pemakzulan Trump sulit dilakukan karena Partai Republik menguasai Senat. Pada akhirnya Senat melakukan pemungutan suara yang berakhir 52-48, di mana mayoritas menyatakan Trump tidak bersalah atas penyalahgunaan kekuasaan. Lalu, 53-47, di mana Trump dinyatakan tidak bersalah atas tuduhan merintangi Kongres.

Setelah dinyatakan bebas pada Rabu (5/2/2020) waktu setempat, Trump mengatakan akan memberikan keterangan resmi keesokan harinya. Sementara itu, Trump men-tweet seperti ini setelah mengetahui dirinya bebas.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan bahwa Ketua Mayoritas Senat Sen. Mitch McConell sebagai pemberontak yang telah mengkhianati konstitusi karena membebaskan Trump dari dakwaan-dakwaan.

"Presiden Trump dimakzulkan dengan dukungan mayoritas rakyat Amerika, pertama kalinya dalam sejarah kita. Sebanyak 75 persen warga Amerika dan banyak anggota Partai Republik yang menilai bahwa tindakan Presiden salah. Namun, Senat memilih mengabaikan fakta dan keinginan rakyat AS dan tugas mereka terhadap Konsitusi," kata Pelosi.

"Dengan menahan bukti dan menolak elemen dari proses yudisial mendasar, Republikan Senat telah menjadi kaki tangan upaya menutupi kebenaran yang dilakukan Presiden," lanjutnya.

Menjelang pidato kenegaraan Donald Trump kemarin, Trump menolak uluran tangan untuk berjabat tangan dari Pelosi. Di akhir pidato Trump, Pelosi membalas dengan merobek-robek kertas pidato Trump.

Trump Diperkirakan Bebas dari Dakwaan Pemakzulan

Senator Mitt Romney dari Partai Republik mendukung dakwaan penyalahgunaan kekuasaan dan merintangi Kongres yang dijatuhkan kepada Trump. Sementara bakal kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat Bernie Sanders mengatakan, "Ini bukan hari yang baik untuk Amerika".



Sumber: CNN, Politico