Corona Infeksi 94 Negara, 21 Kasus di Kapal Pesiar San Francisco

Corona Infeksi 94 Negara, 21 Kasus di Kapal Pesiar San Francisco
Pasien Covid-19 menjalani perawatan. ( Foto: AFP )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Sabtu, 7 Maret 2020 | 09:54 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Sebanyak 21 orang di atas kapal pesiar yang berlayar di San Francisco Amerika serikat (AS) dinyatakan positif mengidap virus corona. Demikian disampaikan pejabat AS pada Jumat atau Sabtu WIB (7/3/2020) sehingga menambah lebih dari 100.000 kasus di seluruh dunia.

Baca juga: Aset Safe Haven Diburu karena Corona, Harga Emas Naik

Wakil Presiden AS Mike Pence, yang baru-baru ini ditunjuk sebagai orang penting pemerintah AS dalam wabah itu, mengatakan kapal pesiar Grand Princess akan dibawa ke pelabuhan non-komersial yang tidak ditentukan tempatnya. Semua atau 2.400 penumpang dan 1.100 awak akan dites untuk mengetahui virus itu.

“Yang perlu dikarantina, akan dikarantina. Mereka yang membutuhkan perawatan medis tambahan akan menerimanya," kata Pence kepada wartawan di Gedung Putih.

Baca juga: Bahas Situasi Dampak Virus Corona, FIA Bertemu Tiap Dua Hari

Hingga Sabtu (7/3/2020) pukul 10.00 WIB, wabah ini telah menginfeksi 102.224 kasus dan menewaskan 3.495 orang di 94 negara, dengan tujuh negara melaporkan kasus pertama mereka pada Jumat.

Presiden AS Donald Trump pada Jumat (6/3/2020) menandatangani undang-undang untuk menyediakan US$ 8,3 miliar untuk menguji virus corona dan mendanai tindakan lain di Amerika Serikat. Kasus corona telah menjangkit di lebih setengah dari 50 negara bagian AS. Sebanyak 15 orang tewas di AS.

Di banyak negara yang terkena dampak, sejumlah warga diliburkan dari pekerjaannya. Sementara sekolah ditutup, pertemuan besar dan acara olahraga atau musik dibatalkan.

Festival musik dan teknologi by Southwest di Austin, Texas, dan dua festival musik di Florida dibatalkan karena kekhawatiran peristiwa yang melibatkan kerumunan orang. Turnamen bola basket Divisi III NCAA dijadwalkan berlangsung di Universitas Johns Hopkins di Baltimore akhir pekan ini, tetapi tanpa penonton.



Sumber: Reuters