Hadapi Virus Corona, Bill Gates Lebih Optimistis daripada Trump

Hadapi Virus Corona, Bill Gates Lebih Optimistis daripada Trump
Bill Gates saat memberikan sambutan pada acara peluncuran The Indonesia Health Fund di Jakarta, Sabtu (5/4). ( Foto: Suara Pembaruan/Ruht Semiono )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Senin, 6 April 2020 | 06:11 WIB

New York, Beritasatu.com - Pendiri Microsoft Bill Gates mengatakan jumlah korban jiwa virus corona di AS tidak akan setinggi perkiraan pemerintah. Meski demikian, Gates menilai pandemi ini sebagai "skenario mimpi buruk".

Presiden Donald Trump mengatakan bahwa korban jiwa di AS dapat mencapai 100.000-240.000 orang.

"Jika kita melakukan social distancing dengan baik, seharusnya kita bisa melewati pandemi ini dengan korban yang lebih sedikit dari estimasi pemerintah," kata Gates kepada Fox News, Minggu (5/4/2020).

Hingga Minggu, terdapat sekitar 312.245 kasus positif corona di AS, termasuk lebih dari 8.500 korban jiwa. Secara global, penyebaran virus ini sudah mencapai 1,2 juta kasus dan 65.711 kematian.

"Ini adalah skenario mimpi buruk karena penularan dari manusia ke manusia tumbuh sangat cepat. Jika kita tetap pergi bekerja, jalan-jalan seperti biasa, kurva corona tidak akan melandai sementara semakin banyak orang terinfeksi, butuh perawatan dan akhirnya meninggal," kata dia.

Menurut Gates, keadaan dan kehidupan sehari-hari tidak akan kembali normal sampai vaksin corona ditemukan.

Pada tahun 2015, Gates sudah memperingatkan dunia akan ancaman wabah penyakit. Tetapi dia mengakui, mengajak dunia menginvestasikan dana untuk mengantisipasi sesuatu yang mungkin/tidak mungkin terjadi sangatlah sulit.



Sumber: CNBC.com