Naik Peringkat Dua Dunia, Brasil Laporkan 20.000 Kasus Kematian Covid-19

Naik Peringkat Dua Dunia, Brasil Laporkan 20.000 Kasus Kematian Covid-19
Petugas kesehatan dan pasien tetap berada di Unit Perawatan Intensif Covid-19 dari Rumah Sakit Gilberto Novaes di Manaus, Brasil, Rabu (20/5). ( Foto: AFP / MICHAEL DANTAS )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Sabtu, 23 Mei 2020 | 09:15 WIB

Rio de Janeiro, Beritasatu.com- Brasil menggeser Rusia sebagai negara dengan jumlah kasus tertinggi di dunia  peringkat kedua global setelah laporan kasus infeksi dan kematian terbaru virus corona menurut situs woldometer.info pada Sabtu (23/5), pukul 7.00 WIB.

Angka kematian di Brasil juga telah melampaui 20.000 orang per Kamis (21/5) dan memiliki 310.087 kasus terkonfirmasi, dengan kenaikan lebih dari 18.500 orang dalam kurun satu hari.

Angka positif dan kematian karena Covid-19 di Brasil tampaknya jauh lebih tinggi tapi Brasil tidak melakukan pengujian secara luas. Brasil juga mengalami kematian lebih banyak orang muda dibandingkan negara lain, tren yang sebagian didorong oleh demografi negara itu dengan populasi keseluruhan adalah anak-anak muda, sekaligus kemiskinan dan kebutuhan untuk tetap bekerja.

Negara Amerika Selatan dengan populasi 210 juta itu menjadi titik panas terbaru dari pandemi Covid-19. Situasi itu didorong langkah Presiden Jair Bolsonaro yang menentang keras pembatasan sosial karena merusak ekonomi.

Beberapa pakar menyalahkan kebijakan pemerintah yang terpecah belah. Perintah tinggal di rumah disampaikan oleh negara bagian dan lokal, tapi pemerintah federal, yaitu Bolsonaro, selalu menentangnya.