India, Meksiko, Norwegia, dan Irlandia Menangi Kursi DK PBB

India, Meksiko, Norwegia, dan Irlandia Menangi Kursi DK PBB
Pertemuan DK PBB yang diminta Irak (Foto: RT)
Natasia Christy Wahyuni / WIR Jumat, 19 Juni 2020 | 14:25 WIB

New York, Beritasatu.com- Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Rabu (17/6), memilih empat anggota tidak tetap baru di Dewan Keamanan PBB periode 2021-2022. Kanada kalah dalam perebutan dua kursi untuk blok Barat sekalipun telah melakukan kampanye mahal dan bertabur “bintang”.

Para diplomat di PBB memilih India, Meksiko, Norwegia, dan Irlandia sebagai anggota baru untuk masuk otoritas paling kuat di organisasi dunia beranggotakan 193 negara tersebut. Kanada kalah dari Irlandia dan Norwegia untuk mendapatkan minimal 128 suara. Norwegia meraih 130 suara dan Irlandia 128 suara.

Di kawasan Asia Pasifik, India, yang gagal meraih kursi permanen di DK PBB yang diperluas, menang telak dengan 184 suara dari 192 negara yang berpartisipasi dalam pemilihan.

Hasil tersebut artinya India sekarang mempunyai kursi di meja yang sama dengan Tiongkok, dua hari setelah kedua negara berselisih tentang perbatasan Himalaya dan menyalahkan perdagangan atas perkelahian yang menewaskan 20 tentara India. Di pihak lain, Meksiko juga menang dengan suara mayoritas 187 suara.

DK PBB memiliki 15 anggota terdiri dari lima anggota tetap yang memiliki hak veto (Amerika Serikat (AS), Inggris, Tiongkok, Prancis, dan Rusia) dan 10 anggota tidak tetap. Indonesia juga masuk sebagai anggota tidak tetap DK PBB sejak 1 Januari 2019 dan akan berakhir pada 31 Desember 2020.

Satu kursi lagi masih belum terisi untuk anggota tidak tetap, yang mewakili kawasan Afrika, diperebutkan oleh Kenya dan Djibouti. Kedua negara gagal mendapatkan jumlah dukungan minimal, yaitu Kenya meraih 113 suara melawan Djibouti dengan 78 suara. Voting putaran kedua untuk kedua negara dijadwalkan pada Kamis (18/6).



Sumber: Suara Pembaruan