Kesepakatan Dagang Tahap II AS-Tiongkok Terancam Batal

Kesepakatan Dagang Tahap II AS-Tiongkok Terancam Batal
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Presiden Tiongkok, Xi Jinping. (Foto: AFP)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Sabtu, 11 Juli 2020 | 07:23 WIB

Florida, Beritasatu.com - Presiden AS Donald Trump pada hari Jumat (10/7/2020) mengatakan bahwa dirinya belum memikirkan kesepakatan dagang tahap II dengan Tiongkok karena hubungan kedua negara merenggang akibat pandemi virus corona.

"Mereka (Tiongkok) bisa saja menghentikan wabah ini. Mereka bisa tetapi mereka tidak melakukannya," kata Trump kepada reporter di pesawat kepresidenan Air Force One menuju Florida.

Ketika ditanya apakah friksi akibat Covid-19 akan membatalkan kesepakatan tahap II, Trump menjawab bahwa dia belum memikirkan negosiasi tahap II dan banyak hal lain yang ada di benaknya.

Kesepakatan dagang AS-Tiongkok tahap pertama dicapai awal tahun ini, sebelum virus corona menyebar. Setelah Covid-19 mewabah, integritas kesepakatan ini menjadi dipertanyakan.

Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan Tiongkok kini telah menyebar ke seluruh dunia dan Amerika Serikat adalah negara yang paling merasakan akibatnya. Di AS, tercatat lebih dari 3 juta kasus Covid-19 dengan korban jiwa mencapai 133.291 orang.

Pada bulan Mei, Trump pernah mengungkapkan bahwa dirinya mempertimbangkan akan menghapus kesepakatan tahap pertama, tetapi akhirnya dia berubah pikiran.

Baca juga: Trump Bantah Negosiasi Perdagangan AS-Tiongkok Batal



Sumber: CNBC.com