Jelang Pilpres AS, Biden dan Sanders Galang Kerja Sama

Jelang Pilpres AS, Biden dan Sanders Galang Kerja Sama
Joe Biden (Foto: bostonglobe / istimewa)
Unggul Wirawan / YS Senin, 13 Juli 2020 | 15:25 WIB

Washington, Beritasatu.com - Joe Biden dan Bernie Sanders memperdalam kerja sama menjelang Konvensi Nasional Partai Demokrat, yang dijadwalkan berlangsung Agustus 2020.

Sanders yag kini menjadi sekutu Biden memberikan daftar panjang proposal kebijakan.

Sekutu Joseph R Biden Jr dan Senator Bernie Sanders mengungkap serangkaian rekomendasi kebijakan bersama pada 8 Juli lalu, satu tanda signifikan kerja sama antara tokoh Demokrat ketika kampanye Biden melanjutkan seruannya ke kiri progresif.

Dokumen setebal 110 halaman itu telah diserahkan kepada Komite Platform Komite Nasional Demokrat dan akan ditinjau secara pribadi oleh Biden menjelang konvensi pencalonan.

Biden diharapkan untuk mengadopsi banyak rekomendasi, yang diajukan oleh enam satuan tugas kebijakan dan mencakup berbagai masalah termasuk perawatan kesehatan, peradilan pidana, pendidikan dan perubahan iklim.

Dokumen rekomendasi yang panjang itu menghasilkan sekumpulan proposal liberal yang dapat diterima secara luas, dalam upayanya untuk persatuan partai.

Biden dan Sanders awalnya sempat memiliki perbedaan kebijakan yang menonjol dalam kampanye utama. Tetapi kini sebagian besar perbedaan itu telah memudar ketika Demokrat melihat ke arah tujuan bersama yakni mengalahkan Presiden Trump.

Rekomendasi untuk Biden di bidang ekonomi mencakup rencana yang lebih luas dan lebih mahal daripada yang telah diperjuangkannya selama ini dalam kampanye. Ada juga proposal soal perubahan iklim termasuk tolok ukur baru untuk mengurangi emisi karbon.

Meskipun Sanders lebih menyukai perawatan kesehatan universal, pembayar tunggal, rekomendasi selaras dengan pendekatan Biden dalam membangun Undang-Undang Perawatan yang Terjangkau. Dan Partai Republik akan menemukan banyak kesalahan di antara proposal, seperti moratorium 100 hari deportasi, satu langkah yang sebelumnya didukung oleh Biden.

 

 



Sumber: nytimes/usatoday