Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved

Bumoon.io Dorong Kepedulian Lingkungan lewat Token Kripto

Senin, 18 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS
Ilustrasi sampah.

Jakarta, Beritasatu.com - Bumoon.io, social startup berbasis blockchain, IoT dan AI, mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan, seiring dengan adanya ancaman pemanasan global. Menariknya, kampanye peduli lingkungan ini dilakukan lewat investasi token kripto.

“Konsep eco-living token yang diusung Bumoon.io seperti sebuah pemanis agar mendorong masyarakat untuk mengumpulkan sampah. Kami ingin mengubah cara hidup atau cara pandang masyarakat terhadap sampah,” ungkap Happy Murdianto selaku Chief Marketing Officer Bumoon.io kepada Beritasatu.com, Jumat (15/10/2021).

Advertisement

Happy menjelaskan, Bumoon.io menerapkan garbage mining atau investasi kripto lewat pengolahan sampah. Nantinya, masyarakat bisa menukarkan sampah plastik untuk mendapatkan rupiah dan gimmick tambahan berupa token kripto Bumoon.io sebagai investasi.

“Dengan mengumpulkan sampah plastik, seseorang bisa ‘berdonasi’ untuk bumi sebagai tempat tinggal mereka, sekaligus berinvestasi untuk masa depannya lewat token kripto Bumoon.io,” jelas Happy.

Dalam hal ini, Bumoon.io juga telah bekerja sama dengan startup lingkungan Sampangan.id yang memiliki alat khusus bernama Magic Box. Happy menjelaskan, Magic Box mampu mengolah sampah tanpa residu menjadi produk turunan seperti liquid smoke, desinfektan hingga crude oil (minyak mentah).

Namun, garbage mining bukan satu-satunya upaya Bumoon.io untuk menyelamatkan bumi. Startup yang baru didirikan Juni 2021 ini memiliki dua lini bisnis lainnya.

Yakni energi terbarukan lewat pemasangan panel surya, serta perdagangan karbon (carbon trading). Dalam hal ini, Bumoon.id telah bekerja sama dengan penyedia panel surya SolarKita.

“Kami berharap masyarakat bisa memasang solar panel di rumahnya, Karena harganya mahal, kami akan beri diskon, tetapi kami boleh ambil carbon trading-nya,” ungkap Happy.

Untuk mekanismenya, Bumoon.id sedang mempersiapkan alat untuk dipasang di pohon-pohon. Nantinya, alat tersebut akan mengukur kadar karbon yang diserap pohon tersebut, beserta kadar oksigen yang dihasilkan baik per hari, bulan maupun tahun.

“Itu akan kami jual sebagai carbon trading. Dan karena adanya penggunaan panel surya, tentu ini akan mengurangi konsumsi listrik dan pemakaian batu bara PLN. Ini yang juga akan kami jual untuk carbon certificate-nya,” imbuh Happy.

Dirinya menambahkan, Bumoon.io akan rutin membeli kembali (buyback) token dengan keuntungan dari lini bisnis pengelolaan sampah, panel surya, serta carbon trading. Hal ini memungkinkan Bumoon.io untuk menjaga harga token kriptonya.

“Jadi, tidak akan ada harga pucuk atau puncak. Setiap bulan, kami akan membeli lagi (token) dari hasil tiga lini bisnis tersebut. Ini menjadi nilai tambah Bumoon.id dibandingkan token lainnya,” pungkas Happy.

Diketahui, Bumoon.io juga bekerja sama dengan BeritaSatu Media Holdings dalam konferensi virtual terkait lingkungan Bumee Summit 2021 pada 27 Oktober mendatang.

“Lewat Bumee Summit, kami ingin masyarakat aware bahwa climate change adalah ancaman nyata, jika tidak diatasi dari sekarang. Kami juga ingin menunjukkan bahwa ekonomi hijau bisa mengangkat ekonomi Indonesia pascapandemi,” ujar Happy.

“Ekonomi hijau akan menjadi game changer bagi pemulihan ekonomi di Indonesia. Ekonomi hijau akan membantu Indonesia sebagai negara pesisir agar garis pantai tidak naik,” tutup Happy.

Informasi lebih lanjut terkait terkait Bumee Summit 2021 dapat diakses melalui tautan berikut ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


REKOMENDASI



BERITA TERPOPULER


#1
2.450 Orang Terjaring Razia Vaksinasi Covid-19 di Bogor

#2
Jadwal Final Indonesia Terbuka, 2 Wakil Tuan Rumah Tampil

#3
Sembunyi di Roda Pesawat, Pria Guatemala Tiba di Miami

#4
Antisipasi Omicron, Luhut: Masa Karantina 7 Hari

#5
Cegah Omicron, Indonesia Larang Pendatang dari 8 Negara

#6
Marcus/Kevin Sabet Juara Indonesia Terbuka 3 Kali Beruntun

#7
Tuan Rumah Rebut 1 Gelar, Ini Daftar Juara Indonesia Terbuka

#8
Kronologi Satgas Nemangkawi Bekuk Pentolan KKB

#9
Tetap Waspada, Begini Situasi Kasus Covid-19 di Jakarta

#10
Erick Thohir Terima Baret Anggota Kehormatan GP Ansor

TERKINI


EKONOMI | 29 November 2021

MEGAPOLITAN | 29 November 2021

MEGAPOLITAN | 29 November 2021

DUNIA | 29 November 2021

BOLA | 29 November 2021

BOLA | 29 November 2021

BOLA | 29 November 2021

BOLA | 29 November 2021

BOLA | 28 November 2021

OLAHRAGA | 28 November 2021