Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Cedera karena Tabrakan Kepala, Sadio Mane dalam Kondisi Baik

Rabu, 26 Januari 2022 | 14:57 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS
Insiden tabrakan kepala Sadio Mane (Senegal)dan Vozinha (Tanjung Verde) pada babak 16 besar Piala Afrika di Kamerun, Selasa, 25 Januari 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Bintang Liverpool sekaligus striker Timnas Senegal, Sadio Mane, ditarik keluar lapangan karena cedera kepala pada menit ke-70 saat Senegal mengalahkan Tanjung Verde pada babak 16 besar Piala Afrika, Selasa (25/1/2022) atau Rabu WIB.

Sadio Mane sempat dilarikan ke RS guna mendapatkan perawatan. Namun kabar terakhir, seperti dikutip dari The Mirror, kondisinya baik-baik saja.

Mane menyampaikan kondisi terbarunya melalui akun Instagram @sadiomaneofficiel. Ia tempak berfoto dengan kiper Vozinha, di RS.

Vozinha adalah kiper Tanjung Verde yang bertabrakan kepala dengan Mane. Tak mengherankan dalam unggahan itu tertulis “Senegal vs Tanjung Verde di lapangan dan di RS”.

Juga tertulis mengenai kondisi Mane, “Alhamdullilah, semuanya baik-baik saja terima kasih untuk semua pesannya”.

Mane mendapatkan cedera saat tabrakan kepala dengan Vozinha pada menit ke-52 pada pertandingan yang digelar di di Stadion Kouekong, Bafoussam, Kamerun itu.

Insiden bermula dari umpan panjang kiper Senegal Edouard Mendy dari kotak penalti. Kiper Chelsea ini jeli melihat peluang di mana para pemain Tanjung Verde terlalu maju.

Sadio Mane berlari kencang menyambut umpan panjang tersebut dan lepas dari kawalan pemain belakang The Blue Sharks.

Kiper Tanjung Verde, Vozinha, terpaksa keluar sarang demi mencegat bola.

Ia tak bisa menggunakan tangan menghalau bola karena sudah berada di luar kotak penalti. Maka terjadilah duel udara antara Vozinha dan Mane.

Kepala dua pemain itu bertabrakan. Bola justru mendarat di kepala Mane yang bertinggi badan 174 cm ketimbang Vozinha yang tingginya 194 cm. Karena itu, Vozinha dianggap dianggap melakukan pelanggaran karena menjatuhkan Mane.

Insiden tabrakan kepala ini cukup keras. Buktinya, Vozinha sempat tak bergerak setelah jatuh. Sedangkan kedua tangan Mane seperti kaku kemudian kesulitan mengangkat kepala.

Bahkan Vozinha terhuyung-huyung ketika mencoba memaksakan diri untuk berdiri. Awalnya ia menolak ditangani medis, namun akhirnya bersedia mendapat perawatan di pinggir lapangan.

Ketika masih dalam perawatan tim medis, Vozinha harus rela mendapatkan kartu merah setelah wasit Aljazair, Lahlou Benbraham, mengecek monitor video assistant referee (VAR).

Belakangan Vozinha justru harus ditandu keluar stadion menuju RS. Sementara Sadio Mane hanya mendapatkan perawatan di lapangan.

Mane bisa melanjutkan bermain dan bahkan berhasil mencetak gol pertama Senegal pada menit ke-63 atau sekitar 10 menit setelah tabrakan kepala.


Mane dan Vozinha. (Istimewa)

Namun penyerang Liverpool ini terjatuh di lapangan tak lama setelah gol. Staf medis dengan cepat memasuki lapangan permainan dan kemudian membawa pemain berusia 29 tahun itu meninggalkan lapangan untuk digantikan oleh Bamba Dieng.

Kondisi Mane membuat banyak orang mempertanyakan keputusan mengizinkannya kembali bermain sementara protokol FIFA menyatakan bahwa jika seorang pemain tidak bergerak selama lebih dari lima detik, atau pingsan, mereka harus segera diganti.

Bos Senegal Aliou Cisse mengatakan, pemainnya "merasa pingsan, kepalanya berputar dan dia harus pergi ke sana (rumah sakit)."

Senegal menuju perempatfinal berkat gol Sadio Mane (63') dan penggantinya, Bamba Dieng (90+2'). Itu pun setelah tim berjuluk Singa Teranga ini bermain melawan sembilan pemain Tanjung Verde.

Sebelum kiper Vozinha dikartu merah, Tanjung Verde hanya bermain dengan 10 pemain karena gelandang Patrick Andrade sudah lebih dulu dikeluarkan pada menit ke-21.

Di babak perempat final nanti, Senegal akan bertemu pemenang laga 16 besar lainnya antara Mali kontra Guinea Ekuator.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI