Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Bedah Kekuatan Thailand, Lawan Timnas Indonesia di Semifinal

Rabu, 18 Mei 2022 | 15:14 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS
Tim nasional Thailand.

Jakarta, Beritasatu.comTimnas Indonesia akan menghadapi Thailand dalam semifinal cabang sepakbola SEA Games 2021 di Vietnam, Kamis (19/5/2022).

Thailand lolos ke semifinal SEA Games setelah menjadi juara Grup B, sementara Timnas Indonesia adalah runner-up Grup A.
Pasukan Gajah Perang, julukan Thailand, mengawali kiprah mereka di babak penyisihan grup dengan kekalahan 1-2 saat menghadapi Malaysia. Mereka unggul lebih dulu melalui striker keturunan Swedia Patrik Gustavsson menit ke-33, namun Harimau Malaya bangkit pada babak kedua.

Malaysia mencetak gol pertama melalui Ahmad Danial pada menit ke-61. Gol yang menentukan kemenangan Malaysia dicetak di pengujung pertandingan melalui Azfar Fikri Azhar.

Pada pertandingan kedua, Thailand menaklukkan Singapura dengan skor mencengangkan, 5-0. Gol-gol tim asuhan Alexandre Polking dilesakkan Benjamin Davis melalui titik penalti menit ke-45, gol bunuh diri Harhys Stewart (48), Ekanit Panya (51 dan 66), serta Korawich Tasa sembilan menit sebelum waktu normal usai.

Selanjutnya, Thailand juga memetik kemenangan dengan skor 5-0 atas Kamboja. Mereka memberondong gawang tim asuhan Keisuke Honda melalui gol-gol Chonnapat Bhuapan pada menit keempat, Korawich Tasa (31), Worachit Kanitsribampen (41), dan Patrik Gustavsson (72 dan 88).

Thailand juga memetik kemenangan dalam laga terakhir mereka di babak penyisihan.
Mereka menaklukkan Laos, 1-0, berkat gol bunuh diri bek At Viengkham. Thailand pun menjadi juara Grup B dengan raihan 9 poin, unggul 1 poin atas Malaysia.

Beberapa pemain andalan timnas Thailand di SEA Games Vietnam di antaranya:

Kawin Thamsatchanan (Penjaga Gawang)
Kawin Thamsatchanan termasuk salah satu pemain over age (di atas 23 tahun) di Timnas Thailand yang beraksi di SEA Games. Usianya bahkan termasuk veteran, 32 tahun. Kavin selalu tampil sebagai penjaga gawang utama Thailand di empat laga babak penyisihan. Dalam empat partai babak penyisihan dia baru kebobolan dua gol.

Kawin sudah membela Thailand di berbagai kelompok umur. Penjaga gawang klub Port ini sudah 68 kali membela timnas senior negaranya. Dengan pengalaman dan seniortitasnya, Kawin selalu tampil tenang dan menjadi salah satu kekuatan Timnas Thailand di SEA Games kali ini.

Chonnapat Buaphan (Bek)
Usia Chonnapat Buaphan masih sangat muda, baru 18 tahun. Namun pemain klub BG Pathum United menjadi menjadi salah satu opsi utama pelatih Alexandre Polking di barisan belakang Timnas Thailand.

Meski masih muda, Chonnapat, tampil bak seorang pemain berpengalaman. Permainannya yang lugas membuat barisan pertahanan Thailand sulit ditembus lawan. Dalam tiga pertandingan awal dalam babak penyisihan yakni melawan Malaysia, Singapura, dan Kamboja, Chonnapat selalu tampil menjadi pilihan utama di Timnas Thailand. Pemain kelahiran Lopburi ini pernah sembilan kali membela Timnas U-16 dan sudah beraksi 7 kali membela Thailand U-23 yang diturunkan di SEA Games kali ini.

Benjamin Davies (Gelandang)
Berayahkan Inggris dan ibu asal Thailand, pemain bernama lengkap Benjamin James Davis ini lahir di Phuket Thailand dan kini berusia 21 tahun dan membela klub Divisi 3 Inggis, Oxford United. Dia pindah ke Singapura dalam usia lima tahun mengikuti ayahnya. Saat ini dia memegang paspor Inggis, Thailand dan Singapura. Namun dalam sepakbola internasional dia memilih membela Thailand.

Davis belajar di Singapore Sports School dari 2013 hingga 2015 sebelum pindah ke Harrow High School di London pada 2016. Pada tahun 2017, ia dianugerahi beasiswa dua tahun dengan akademi Fulham.
Tahun 2018, Davis menerima panggilan mengejutkan ke tim nasional senior Singapura untuk bermain di kualifikasi Piala Asia namun dia tidak pernah diturunkan. Pada September 2019, Davis dipanggil ke tim nasional Thailand U23 untuk pelatihan SEA Games.

Davis selalu tampil sebagai starter dalam empat partai penyisihan Thailand di SEA Games kali ini. Indonesia harus sangat mewaspadai pemain yang memiliki visi tinggi di barisan tengah Thailand ini. Dia juga sudah menyumbang satu gol yang dia cetak saat menghantam Singapura 5-0.

Patrik Gustavsson (Striker)
Namanya sangat berbau kawasan Nordic alias Skandinavia. Tak heran karena dia lahir perkawinan ayah asal dari Swedia dan ibu Thailand. Patrik Gustavsson bahkan lahir di Atvidaberg, Swedia. Penyerngg berusia 21 tahun ini mengasah kemampuan sepakbolanya saat junior bersama Oxelosunds IK dan Atvidabergs FF. Bersama klub kota kelahirannya, Atvidabergs, Patrik pun mengawali karier profesionalnya pada 2018.

Pada 2021, dia direkrut IF Sylvia yang kini berkompetisi di klub divisi tiga Swedia. Patrik kemudian direkrut klub negara asal Ibunya, BG Pathum United, namun langsung dipinjamkan ke Chiangmay.
Patrik diturunkan tiga kali sebagai starter di SEA Games kali ini yaitu melawan Malaysia, Singapura, dan Laos dan telah menghasilkan tiga gol.

Kecepatan dan kemampuannya mencari ruang untuk mencetak gol akan membuat barisan pertahanan Indonesia harus berhati-hati saat mengadapinya.

Prediksi Pemain Thailand vs Indonesia di Semifinal SEA Games

Thailand U-23: Kawin Thammasatchanan; Anusak Jaiphet, Chonnapat Buaphan, Nakin Wisetchat, Chaturapat Sattham; Weerathep Pomphan, Benjamin Davies, Irfan Dolo; Patrik Gustavsson, Kornwit Tasa, Chakkrit Palaphon



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI