Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Tumbang oleh Thailand, Timnas Indonesia Gagal ke Final

Kamis, 19 Mei 2022 | 18:39 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS
Pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kanan) berebut bola dengan pemain Timnas Thailand Airfan Doloh dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis, 19 Mei 2022.

Nam Dinh, Beritasatu.com - Timnas Indonesia gagal melaju ke final cabang sepakbola SEA Games 2021 setelah di semifinal menyerah 0-1 kepada Thailand lewat babak tambahan, Kamis (19/5/2022) di Stadion Thien Truong, Nam Dịnh.

Pertandingan ini harus dilanjutkan perpanjangan waktu karena kedua tim bermain imbang tanpa gol dalam pertandingan 2x45 menit. Thailand memastikan diri lolos ke pertandingan pemungkas melalui gol gelandang Weerathep Pomphan pada menit ke-95.

Di final, Thailand ini akan bertemu pemenang semifinal lainnya yakni antara Vietnam melawan Malaysia yang akan berlangsung pada hari yang sama mulai pukul 19.00 WIB di Stadion Viet Tri, Phu Tho.

Timnas Indonesia lolos ke semifinal setelah menjadi runner-up Grup A yang berisi Vietnam, Myanmar, Filipina dan Timor Leste. Sementara Thailand adalah juara Grup B yang berisi Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Laos.

Partai final akan digelar di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi pada Minggu, 22 Mei 2022 mulai 19.00 WIB. Sebelumnya mulai pukul 16.00 WIB akan digelar partai perebutan perunggu antara dua tim yang kalah di semifinal.

Melawan Thailand, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menurunkan formasi 4-3-3. Dia menampilkan trio Witan Sulaiman, Egy Maulana Vikri, dan Irfan Jauhari di barisan pan. Pelatih asal Korea Selatan ini mengganti Asnawa Mangkualam yang harus absen karena akumulasi kartu di posisi bek kanan dengan Rachmat Irianto.

Pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Thailand Airfan Doloh (kanan) dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis, 19 Mei 2022.

Ketiga pemain ini ditopang barisan gelandang yang terdiri diri Marselino Ferdinand, Mark Klok, dan Ricky Kambuaya. Sementara Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho menggalang kerja sama di jantung pertahanan. Keduanya akan didampingi Rachmat Irianto di sisi kanan serta Elfeandra Dewangga di sisi kiri. Keempat pemain belakang ini akan mengawl penjaga gawang Ernando Ari.

Pada menit-menit awal Indonesia menggebrak melalui tendangan bebas. Namun tendangan bebas yang dieksekusi Marc Klok sedikit melenceng dari tiang kanan gawang Thailand.

Thailand mendapat peluang pada menit ke-25. Benjamin Davis berhasil menguasai bola dan melepaskan tendangan kaki kiri. Beruntung tendangannya berhasil ditepis Ernando Ari sambil menjatuhkan diri.

Timnas Indonesia dan Thailand sama-sama bermain hati-hati pada babak pertama ini. Bola lebih sering bergerak di lapangan tengah kedua pasukan.

Menit ke-37, Indonesia berpeluang melalui tendangan bebas yang dilakukan Egy. Umpan dari pemain FC Senica ini disambut Rizky Ridho namun sundulannya melenceng dari gawang Thailand.

Di pengujung babak pertama, Timnas Indonesia mendapat peluang dari sepak pojok Marc Klok. Pemain naturalisasi dari Belanda mengarahkan bola langsung ke gawang namun mengenai mistar gawang dan keluar.

Pada babak kedua tepatnya menit ke-48, Thailand nyaris mencetak gol. Berawal dari umpan Korawich Tasa dari sisi kanan, Ekanit Panya. Namun gangguan dari pemain Indonesia membuat tendangannya melambung dari gawang.

Thailand kembali mendapat peluang menit ke-54. Memanfaatkan kesalahan pemain Indonesia, Benjamin David berhasil mencuri bola. Dia lantas membawa bola dan mengeksekusinya dari luar kotak penalti. Namun bola hasil tendangan kaki kirinya melambung dari sasaran.

Menit ke-63 Shin Tae-yong melakukan dua pergantian sekaligus. Syahrian Abimanyu menggantikan Marselino dan Saddil Ramdani menggantikan Witan Sulaiman.

Timnas Indonesia mendapat peluang pada menit ke-77. Saddil berhasil merangsek sisi kanan prtahanan Thailand dan mengirimkan umpan ke muka gawang. Namun tak ada rekannya yang menyambut sodoran dan bola lebih dahulu dibuang pemain belakang Thailand.

Beberapa saat kemudian Indonesia kembali mendapat peluang. Marc Klok melepaskan sundulan tepat ke arah gawang. Namun upayanya berhasil ditepis kiper Syahrian Abimanyu.

Kawin kembali menjadi pahlawan timnya dari kebobolan pada menit ke-79. Egy melepaskan tedangan jarak jauh yang mengarah ke gawang. Namun Thailand terhindar dari kebobolan melalui aksi menawan Kawin yang menepis bola sambil menjatuhkan diri.

Pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman (tengah) berebut bola dengan pemain Timnas Thailand Chayapipat Supanpasuch (kanan) dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis, 19 Mei 2022.

Timnas Indonesia kembali mengancam pada menit ke-82. Egy berhasil melepaskan tendangan menyusur tanah ke arah gawang. Namun bla berhasil ditangkap dengan baik oleh Kawin.

Hal serupa terjadi lagi pada menit-86. Menyusul serangan balik, Egy berhasil merangsek pertahanan Thailand dan melepaskan tendangan dari sisi kiri. Namun gawang Thailand kembali berhasil diselamatkan Kawin.

Menit ke-88, giliran gawang Timnas Indonesia yang terancam. Beruntung kesigapan Ernando membuat gawangnya tak jadi kebobolan. Skor imbang tanpa gol hingga babak kedua usai membuat pertandingan harus dilanjutkan dengan babak tambahan.

Saat babak tambahan memasuki menit ke-95, gawang Timnas Indonesia akhirnya dijebol Thailand. Gol dilesakkan Weerathep Pomphan.

Gol berawal dari Benjamin Davis yang mendapat sodoran dari Patrik Gustavsson. Pemain Oxford United ini kemudian melepaskan umpan menyusur tanah yang disambut Weerathep Pomphan.

Pemain Muangthong United ini kemudian berhasil memperdaya pemain belakang Indonesia dan melepaskan tendangan kaki kanan yang menaklukkan kiper Ernando Ari.

Di pengujung pertandingan, pemain Thailand William Weidersjo diusir wasit Ali Yahya karena melakukan pelanggaran keras. Namun tak lama kemudian Indonesia juga harus tampil dengan 10 pemain karena Rachmat Irianto mendapat kartu kuning kedua. Wasit juga kemudian mengusir Firza Andika dan Ricky Kambuaya. Timnas Indonesia pun hanya turun dengan delapan pemain di akhir laga.

Hingga babak tambahan ini selesai, Timnas Indonesia gagal membalas gol Thailand. Pasukan Shin Tae-yong pun akan bermain dalam laga memperebutkan perunggu, 22 Mei mendatang.

Susunan Pemain:

Indonesia (3-5-2): 20 Ernando Ari Sutaryadi; 13 Rachmat Irianto, 5 Rizky Ridho Ramadhani, 19 Fachruddin Aryanto, 2 Alfeandra Dewangga (3 Firza Andika 106); 7 Marselino Ferdinan (17 Syahrian Abimanyu 63), 6 Marc Klok, 15 Ricky Kambuaya; 8 Witan Sulaeman (11 Saddil Ramdani 63), 10 Egy Maulana Vikri (9 Ronaldo Kwateh 89), 18 Irfan Jauhari (12 M Ridwan 89/16 Rio Fahmi 107).

Pelatih: Shin Tae-yong

Thailand (3-6-1): 1 Kawin Thamsatchanan; 2 Nakin Wisetchat, 4 Jonathan Khemdee, 16 Chonnapat Buaphan; 6 Airfan Doloh, 7 Ekanit Panya, 10 Worachit Kanitsribumphen, 17 Benjamin Davis, 18 Weerathep Pomphun, 19 Chayapipat Supansuch; 8 Korawich Tasa.

Pelatih: Alexandre Polking



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI